Tuesday, July 25, 2006

Eppo Magazine

Ada yang ingat "Agen 327" ?,..he,he.. maklum ini cerita tentang 20 tahun yang lalu.. saya jadi ingat yang episode disekitar "Stonehenge" itu kumpulan situs batu peninggalan nenek moyangnya "Robert Plant" dan disusun susun dengan bentuk yang kesannya purba banget..apalagi kalau kena sinar bulan.. bayang2 nya membentuk pola geometris yang misterius.. gambarnya luar biasa detil.. terutama kalau menggambar "street situation" ataupun mobil.




Tokoh berikutnya, "Roel Dijkstra", cerita pemain bola .... yang menarik tentang episode pertama dimana dia ketemu "master of martial arts" yang keturunan cina. dalam cerita diungkap kemampuan otak manusia yang dapat merekan semua kejadian dalam bentuk visual, bau, audio tp punya masalah dalam mengeluarkan kemampuan tsb.




Lalu tak ketinggalan "Johnny Goodbye", detektif th. 30-an, musuh2-nya spt "Al Capone", "Ma Baker" nah cerita ttg si "Goodbye" ini yang menarik waktu lawan "Ma Baker" (yang lagunya sempat dinyanyiin "Boney M" kalau gak salah..), saat "Ma Baker" meninggalkan rumah masa kecilnya ada sosok dikegelapan dengan latar belakang rumah terbakar.. teksnya kira2 berbunyi begini.. dan dia meninggalkan rumah tersebut dengan salam perpisahan yang hangat bahkan panas.




Lanjut dengan "De Arcy" ? yang ini justru saya nggak begitu ingat,.. apa ini ada hubungannya dengan manusia berbulu yang keterlibatannya dalam revolusi Perancis agak misterius.. dan yang nyaris seluruh gambarnya gelap gulita (jadi ingat gambarnya "Vincent Van Gogh" yang dikenal sebagai master seni lukis of "kegelapan").




Nah kalau "Trigan" dan "Storm", sebenarnya artisnya sama ("Don Lawrence") ..tapi menurut saya imajinasi artis lebih tersalur pada Storm. Sementara "Trigan" sebenarnya setting "wardrobe"nya mirip "Rome" tapi dalam beberapa episode digabung dengan pesawat ala "Wright Brothers" (jadi ingat "Roffel Aircraft") itu sebabnya lebih menarik "Storm" karena "Trigan" kesan-nya rada kehabisan ide.



Terakhir tak ketinggalan "Leonardo" si penemu, salah satu komit terkocak di "Eppo".







10 comments:

Anonymous said...

OMG. Gw kira, gw cuman satu2nya manusia di planet ini yg perna baca majalah Eppo inih :D

Suer deh, di forum manapun, di blog2 manapun, tiap gw iseng recall memory mrk (kali2 aja ada yg tahu) soal majalah ini, gak sebiji manusiapun yg tahu. paling banter mereka tahunya Storm ma rambut merah (soale ada perna dimuat dimajalah Hai edisi orla :) )

Hihihihi .. jadi ingat yg episode agen 327 nyembunyiin pestolnya di dalam buntalan gips di kakinya :D

brain9ers@yahoo.com.sg

Anonymous said...

Wah EPPO... Dulu sempet minjem punya temen 1 set komplit dari pertama kali terbit di sini sampe edisi trakhirnya, wah bagus banget tuh.

ada Roel Djikstra sebelum majalah Hai juga masukin Roel Djikstra, aa lagi yang lainnya tuh si Adam xxxx yg ktemu sama Alien.

Dulu sempet nyari lagi, uda gak ada tuh di tempat loakan buku di Pasar Senen.

Kalo Storm dan Trigan masih banyak di pasar buku loakan.

reiner99@telkom.net

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Husni I. Pohan said...

Sebenarnya sih ada teman (kalu gak salah kerja di Surveyor Indonesia) yang malah punya koleksi eppo, dan dulu beliau sempat mau mendigitalisasi koleksi dia, asyik juga tuh kalau dibaca-baca lagi.

Lucas Nasution said...

trims ya untuk mengingatkan tokoh2 majalah yang aku baca 30thn lalu :P

Husni I. Pohan said...

sama sama bro.., ini majalah asyik yang muncul pada saat tidak tepat...

Anonymous said...

Di Belanda sendiri Eppo tutup tahun 1999. Tahun ini, 10 tahun kemudian, diterbitkan kembali karena banyak yang nostalgia, ini website nya: http://www.eppostripblad.nl/

Husni I. Pohan said...

jadi di Belanda sendiri pun, majalah ini sepi peminat yak.., hmmm yang baik ternyata tidak selalu komersil

godsmadman said...

Hahaha ini majalah yang selalu gw tungguin tiap selasa, yang masih gw inget tokoh-tokohnya :
- Roel Djikstra
- Allain d Arc yang ternyata selama ini cuman ngimpi
- Johnny Goodbye and Howdy partnernya dan washington si tukang semir sepatu.
- Sang Jenderal yang selalu berusaha merebut benteng musuhnya.
- Agen 327 sama barend yang poninya nutupin mukanya bukan mata doang.
- Loewitje jutawan cilik dengan anjing lautnya yang doyan whisky
- Stef Ardoba yang gw inget terakhir berhubungan allien dengan perantara pancang yang ganjil
- Sjors and Jimmy yang tinggal bersama Kolonel dan Sally
- Partner dengan tokoh dany terakhir ceritanya penjahat nerima pesan lewat iklan iklan di bioskop.

ayesa said...

Pak, saya Dedi, saya juga peminat majalah eppo, tokoh favorit saya diantaranya , Johny Goodbye, Trigo > komik Trigan, storm dgn pasangannya rambut merah, ada satu lagi tokoh ilmuwan dgn asisten yg kikuk dan pemalas tapi saya lupa nama tokohnya,...., rupanya masih ada Eppo fans, salam tuk semuanya, sekaligus promo blog saya juga yak http://ayesajualbeli.blogspot.com
terima kasih