Tuesday, May 15, 2007

Metal/Rock vs HipHop/Rap

Mungkin karena penggemar musik rock umum-nya lebih intelek (IMHO, khususnya progressive rock), so inovasi dalam musik jadi hal penting, kalau gak ada hal yang baru baik dari teknik bermain, lirik, penampilan, instrumen, maka dengan cepat penggemar-nya akan melupakan mereka.., hue he he.

Sementara rap dan hip hop kebanyakan disukai kaum marjinal Amerika yang meski musiknya gitu2 aja (paling tidak di telinga saya)  tapi gak ada masalah bagi penggemarnya, jangan lupa faktanya Rap dan Hip Hop kan cuma laku di Amerika, kalau toh ada di negara lain kelihatannya sih masih minoritas. seperti juga nasib "Iwa K" di indonesia dan "Denada" yang malah banting haluan ke dangdut.

Dalam hal ini Amerika memang sedikit unik, ketika di negara lain orang berusaha untuk mendesain mobil yang kecil dan hemt energi mereka justru sebaliknya, ketika di negara lain demam bola begitu luar biasa mereka tetap lebih suka basket, rugby dan softball, dan begitu juga dalam musik.  Meski demikian soal pengemasan Amerika memang layak dikagumi.


Penampilan norak seperti penggunaan Hummer dengan velg raksasa dengan warna kinclong serta ban super tipis dilengkapi dengan shock breaker yang bisa berjoget dan ampli super kuenceng juga merupakan hal2 yang identik dengan rapper. Jadi ingat film "Tom Cruise" yang diadaptasi dari novel "HG. Wells" (dan sempat dibuat cover version-nya di "Scarry Movie 4"). Alkisah dalam salah satu adegan, mahluk luar angkasa menembakkan sinar ke seorang pemuda kulit hitam dengan asoseris logam di sekujur tubuhnya (dengan gaya rapper), bssst...! begitu sinar hilang maka seluruh asesoris rapper tsb berjatuhan bergemerincing di jalanan (berbagai jenis rantai, kalung, cincin, gelang dll).


NP Gong "Shadows of" taken from "Gazeuse !" wah disini permainan Alan Holdsworth emang manstap

No comments: