Thursday, August 25, 2011

The Last Pope - Jhon Hogue

Buku tipis ini cukup menarik, bercerita tentang naskah yang sempat hilang dari St. Malachy di tahun 1139, dimana beliau melakukan perjalanan dari Irlandia menuju Roma. Ketika berada di ketinggian saat menikmati pemandangan kota, beliau tiba tiba terjatuh lalu meracau menyebutkan sandi hampir semua Paus sampai dengan saat ini.

Catatan tersebut disimpan dalam bentuk manuskrip di Vatikan dan terkunci hampir selama 400 tahun, dan ditemukan kembali di tahun 1595. Uniknya ramalan terhadap siapa saja yang secara terus menerus menduduki tahta Vatikan mendekati kenyataan sampai masa kini dengan akurasi 90%. Bahkan beliau juga memrediksi siapa saja Paus termasuk Paus terakhir menjelang hari kiamat. Beliau juga meramalkan tinggal satu Paus lagi setelah Benedictus, yang akan menjadi Paus terakhir.

Akankah ramalan ini menjadi kenyataan, kita tidak pernah tahu, meski saya pernah membaca ramalan yang mirip dari Jaber Bolushi, mengenai The Last Pope, mari kita sama2 menyaksikan akan seperti apa peristiwa peristiwa ini akan terjadi. Lagipula, bagi orang beriman, tentu saja meyakini ramalan bukanlah perbuatan yang benar, tetapi sekedar mengingatkan bahwa kiamat adalah kepastian tentu-nya akan membuat kita kembali sadar bahwa semua yang didunia ini adalah kefanaan.

Mengenai siapa Jhon Hogue, beliau adalah seorang futurolog bependidikan sarjana, dan beliau juga dikenal sebagai salah satu penulis biografi Nostradamus terbaik. Sehingga buku ini langsung mendapat perhatian dari khalayak dan diterjemahkan dalam 13 bahasa. Sebuah buku yang menarik untuk ditelaah, meski tidak harus dianggap serius.

No comments: