Thursday, November 09, 2006

Cloning

Ada yang tahu kalau "Deep Purple" pernah "cloning" ? maksud saya track "Child In Time" Deep Purple isu-nya diambil dari track "Bombay Calling" yang dipopulerkan San Fransico Band "It's Beautiful Day" dan dimotori "David La Flamme" pada album s/t(1969) ?, dan dirilis ulang kembali di album "1001 night's"(1974), so ini terpengaruh atau memang benar2 cloning ?,bagaimana membedakan mana yang terpengaruh dan mana yang bener2 "cloning" ?

Kalau kasus "Dream Theater" dan "Muse", lebih cocok dipengaruhi atau cloning ?, meski lagunya berbeda tapi cara menyanyi, sound gitarpada track tsb semuanya berbau "Muse", atau kasus yes "90125" dan populer-nya pengaruh "The Police" masa itu, (kalau "Deep Purple" sih awalnya juga sangat "Beatles", selain itu repertoir klasik "Beethoven" bermunculan di beberapa hit-nya "Blackmore"termasuk ketika di "rainbow", juga pengaruh "Beatles" di "Genesis" album "From Genesis to Revelation", atau pengaruh "Bach" pada "Procol Harum" di track "Whiter Sade of Pale").

Pada beberapa artikel pernah dibahas secara teknis perbedaan "pengaruh" dan "cloning", hanya saja kadang saya rasa sebagian orang terlalu semangat mengangkat isu "cloning"nya ;-). Misal kasus Radja di track "Malam 1000 Bulan" karya "Moldy"dan "House for sale", bagi saya rada kontroversial, saya justru gak mendengar secara jelas dimana kemiripannya ?, kecuali sekedar beat-nya dan sepersekian melodi (rasanya sangat kecil untuk dibilang "cloning"),begitu juga dengan beberapa lagu Dewa, meski kita sama2 tau "Ahmad Dhani" memang cukup ahli dalam soal ini. btw yang saya salut grup metal "Koil" asal Bandung, mereka mengaku terus terang setiap kali menggabungkan beberapa lagu metal enak menjadi 1 lagu koil, dan lagu2nya ternyata cukup "enak".

Bagaimanapun saya setuju orisinalitas itu penting, dan rasanya agar tidak berkesan terlalu menggeneralisir mungkin perlu dibedakan dengan beberapa kasus berikut ini

1.Kalaupun ada lagu lama yang bagus selama disebutkan penciptanya dan diaransemen dengan gaya baru justru mengundang simpati seperti yang dilakukan "Gigi" atau "Flower Kings" terhadap track-nya "Genesis", "Beatallica" terhadap "Beatles", atau "Apocalyptica" terhadap "Metallica", dll. (aransemen baru)

2.Atau mungkin jika dipengaruhi disebutkan oleh musisi-nya bahwa dia dipengaruhi si ini dan si itu dalam lagu / album ini,misalnya "Darkness" dan "Queen", "Dream Theater"dan "Metallica", "Spock's Beard" yang menggabungkan "Yes"dengan "Gentle Giant", dll. (terpengaruh)

3.Yang paling parah adalah kalau sudah jelas2 mirip2 (dan dapat dibuktikan not per not, urutan atau paling tidak sepersekian dari lagu) tp tetap gak ngaku seperti "Kopi Dangdut"-nya "
Fahmi sahab" atau lagu "Peterpan" yang ditiru di India, kategori inilah yang lebih layak disorot sebagai kloning (kloning/kopi).

Meski demikian pada masa ini setelah semua ragam bunyi2an dieksplorasi masih adakah yang namanya orisinil ? jadi ingat kalau dalam track2 "Dream Theater" yang katanya super kreatif itu, dari yang mirip Kansas, Rush, Genesis, Metallica, Muse, Pink Floyd, Deep Purple, Morse and The Dregs emua ada, meski untuk kasus ini saya lebih suka menyebutnya "dipengaruhi" karena honestly saya juga "Dream Theater" freaks).

np Lucifer "House for Sale", sambil mencoba mencari jejas2 raja.., krn kuatir terlalu cepat mengambil kesimpulan dan ikut arus.

5 comments:

Anonymous said...

kok belum ada yg komen? komen ah : PERTAMAAAAAAAAAAAA.... *kabur*

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.