Monday, March 11, 2013

Deng Xiao Ping

Jika melihat keberhasilan China sekarang bahkan sampai membuat Amerika ketar ketir kita tak boleh sama sekali  melupakan Deng Xiao Ping. Penerus Mao yang memiliki pendekatan terbuka ini memilih cara yang berbeda dengan Gorbachev dalam melakukan perubahan. Jika Uni Sovyet  "hancur" seiring dengan tidak relevan-nya implementasi sosialisme selepas perang dingin, maka sebaliknya, China dengan mulus melakukan transformasi dan lepas landas ke abad 21.

Apa sih resep yang dilakukan Deng Xiao Ping ? Sebenarnya sangat sederhana, persis seperti pendekatan2 ala Jokowi, Deng hanya melakukan beberapa hal sederhana, dan 30 tahun kemudian China menjadi salah satu negara dengan cadangan devisa terbesar di dunia. Begitu juga kemajuan teknologi transportasi, mulai dari motor, mobil / bis dan kereta api dan bahkan pesawat terbang termasuk teknologi luar angkasa.

Di IT, akuisisi terhadap salah satu bisnis IBM yakni Lenovo, dan lahirnya perangkat lunak saingan Google alias Baidu misalnya bukti bahwa di IT pun China berjaya. Demikian juga di teknologi konstruksi, mereka sanggup membuat pencakar langit hanya dalam beberapa bulan, yang dibuat secara modular layak-nya lego. 

Dalam teknologi komunikasi, perusahaan2 seperti Huawei semakin menunjukkan kekuatan mereka. Belum lagi industri subkon seperti Foxconn yang boleh dibilang mesin produksi Apple. Jadi apa yang sebenarnya dilakukan Deng ?

Strategi #1, "Law Enforcement", Deng tak segan2 menghukum mati koruptor, bukan cuma pelaku melainkan juga keluarga pelaku yang turut menikmati hasil korupsi, dan eksekusi tembak mati dilakukan di lapangan  terbuka, yang memberikan "Shock Theraphy" sekaligus  mengimplementasikan pepatah China, "potong seekor ayam untuk menakuti nakuti seribu kera". 

Strategi #2, Buat jalan trans propinsi, trans kota  berkualitas di seantero China  untuk mengubungkan daerah supply dan demand, sehingga ekonomi tumbuh lancar. Disamping jalan untuk mobil, pemerintah juga memotori berbagai moda transportasi seperti kereta, monorel, dll. Ini mirip seperti  yang dilakukan Sri Pudjiastuti pengusaha ekspor ikan dan sekarang maskapai penerbangan dengan armada pesawat ringan serta lapangan terbang rumput di berbagai lokasi . Dengan menghubungkan supplay dan demand, Sri Pudjiastuti dapat membantu para nelayan menikmati harga yang pantas, serta sebaliknya konsumen sea food mendapatkan santapan yang lebih segar.

Strategi #3 Setiap ada hari libur "kejepit", maka buat hari tersebut menjadi bagian dari hari libur, sehingga banyak keluarga yang bisa libur panjang ke berbagai tempat seraya melakukan banyak transaksi sepanjang jalan, dan menghidupkan ekonomi di berbagai pelosok daerah.

Sayang-nya Deng Xiao Ping jualah aktor dibalik Tiananmen pada tanggal 4/6/1989 yang diduga memakan korban sebanyak 3000 sd 7000 orang. Beliau diduga kuat mengerahkan tank militer membantai demonstra sehingga Tiananmen dikenal menjadi salah satu tragedi paling berdarah di dunia.Tak ada manusia yang sempurna, dan akhir kata mari kita mulai perjalanan 1000 kilometer dengan satu langkah kecil pertama, dan pastikan arah yang kita tempuh tepat, "Think Big and Start Small" seperti yang pernah disampaikan Iwan Sunito pengusaha Indonesia yang sukses dalam bisnis real estate di Australia dalam salah satu wawancara-nya di TV.


No comments: