Thursday, March 21, 2013

Solusi Heinz Guderian untuk Maginot Line

Saat bekerja sebagai expert untuk document exchange bagi salah satu anak perusahaan  Telkom, di bidang digital financial transaction. saya berkenalan dengan salah seorang manager muda dari Telkom Group, ternyata kita berdua sama2 penggemar cerita perang, dan tentu saja pernak pernik WWII adalah salah satu diantara-nya. Dia adalah pengagum beberapa strategi tempur hebat, diantara-nya seperti cerita di bawah ini.

Perancis yang cukup sukses di WWI semakin yakin akan kehebatan pasukan kavaleri-nya, di lain pihak Jerman yang kalah dalam WWI terus menerus memikirkan cara menaklukkan Maginot Line jalur pegunungan yang terjal dan menjadi benteng alam bagi Perancis.

Sebagaimana yang dilakukan Jack Welch dalam membangun GE, yaitu dengan memberi kesempatan bagi siapapun selama punya ide yang baik meski cuma level paling bawah di area operasional, Hitler pun memberi kesempatan pada pimpinan militer, sayang-nya tak seorang Jendral pun yang punya jawaban. Melainkan seorang kolonel bernama Heinz Wilhelm Guderian.

Apa jawaban Guderian ?, Panzer, ! kendaraan lapis baja yang sanggup menaklukkan jalanan off road Maginot Line. Yakin dengan ide tersebut Hitler melakukan promosi Guderian melewati senior2nya dan dengan tugas utama membangun armada Panzer.

Dengan Panzerwaffe yang dibentuk pada 5 Juni 940 inilah Hitler menaklukkan Perancis dengan serangan secepat kilat ala Blietzkrieg. lepas dari bahwa Hitler adalah tokoh "hitam" dalam sejarah dunia, namun kita bisa belajar dari-nya bagaimana mencari solusi (solusi terbaik bisa saja muncul dari manapun, dan orang2 operasional salah satu diantara-nya), bagaimana eksekusi (jika tidak sekarang kapan lagi ?, dan sang pencetus ide harus terlibat di dalam-nya) dan tentu saja sukses dalam implementasi-nya (untuk meraih kesuksesan, seseorang harus berani menghadapi kegagalan).


No comments: