Sejak jual Mitsubishi Pajero Sport tahun 2017 awal (dibeli tahun 2012) , hampir selama
3 tahun, kok rasanya saya belum menemukan lagi kendaraan yang memberikan rasa
mantap dalam berkendara, percaya diri
dalam menghadapi berbagai medan, dan tidak minder saat berpapasan dengan truk
raksasa atau bis. Saya sempat membawa Pajero Sport dengan rute mengelilingi Jawa
(pergi dari Bandung lewat utara dan kembali ke Bandung lewat selatan) termasuk
Madura, lalu juga mengelilingi Sumatera (pergi melewati timur, dan kembali
lewat lintas tengah dan barat)
Setelah dipakai sekitar 4 tahun lebih sedikit akhirmya Mitsubishi Pajero merah
marun tsb dijual ketika jarak tempuh sudah melewati 100K. Setelahnya selama 3
tahun saya memakai Nissan X Trail, dan jelas lebih nyaman apalagi karena dipenuhi
dengan berbagai fitur, namun tetap rasanya lebih pas untuk perkotaan, meski
pernah saya bawa ke Pahawang, atau menikmati tanjakan berbatu menuju Gunung
Lembu serta curam dan sempitnya rute ke Bukit Bintang. SUV yang agak manis seperti
CRV, X Trail atau CX 5 memang tetap lebih pas di perkotaan.
Jadi ya saya tetap menyimpan kerinduan memiliki kembali big
SUV, termasuk suara mendesing sirip turbonya yang khas. Baiklah, apa saja sih
big SUV yang ada di pasaran ?, tentu saja orang akan langsung mengatakan lagi2
Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner. Sejujurnya agak bosan melihat kedua
jenis kendaraan ini lalu lalang di jalanan. Terus apa pilihan lain ?, ada Isuzu
MU-X, atau kembarannya Chevrolet Trailblazer, atau bisa juga Ford Everest yang
sayangnya hengkang dari Indonesia, juga Hyundai Santa Fe.
Santa Fe ? ya sebenarnya ganjil juga memasukkan buatan
Hyundai ini dalam kelas big SUV. Santa Fe dimensinya sebenarnya lebih kecil dibanding
rata2 big SUV dan cuma sedikit lebih besar ketimbang X Trail. Bukan cuma masalah dimensi, Santa Fe juga satu2nya
pula yang rangkanya bukan ladder frame yakni rangka yang biasa dipakai untuk jalanan off road, dan yang dipasarkan di Indonesia juga
model FWD dan bukan AWD alias Front Wheel Drive. Di
lain pihak patut disayangkan KIA kurang serius dalam memasukkan Sorento yang sebenarnya layak secara kualitas, sehingga
ranah big SUV masih dengan pemain yang itu-itu saja.
Jadi ya cuma itu pilihan di pasar sampai dengan 2018 muncul
Nissan Terra, hemm bakal bisa menggeser Fortuner dan Pajero Sport ?, sepertinya sulit
meski Terra memiliki ground clearance tertinggi, dimensi terbesar, suspensi belakang
ternyaman (krn menggunakan 5 link), power terbesar, torsi terkuat dan
serangkaian fitur unik.
Kok sulit ? ya karena Nissan memang tidak memiliki resale
value seperti Toyota atau Mitsubishi, meski bengkel lebih banyak dari Ford,
Isuzu, Hyundai dan Chevrolet namun tetap tak sebanyak Toyota dan Mitsubishi,
pula model Nissan Terra yang tidak futuristik dan interior Nissan Navara lebih cocok bagi pemakai yang secara usia lebih matang
alias konservatif. Bukan sekali ini Nissan nyeleneh soal model, saat pertama
kali X Trail keluar dan menyabet salah satu mobil terbaik di Jepang desainnya
benar2 serba mengotak, begitu juga Juke yg sampai skr buat saya masih terlihat
ajaib. Apakah hanya Nissan Terra yang tidak futuristik secara desain eksterior ? sebenarnya tidak, Ford Everest, Chevrolet Trailblazer dan Isuzu MU-X juga sama saja.
Terra juga memiliki kelebihan dari sisi safety fitur, iya sih
tapi kan rem belakang masih menggunakan tromol yang sempat jadi bahan ledekan
di Fortuner sampai akhirnya di seri terbaru Toyota menggunakan cakram. Jadi apa
saja safety fitur Terra ? 6 airbag, rem dengan sistem ABS (anti shock), EBD (pengatur
distribusi tekanan rem pada setiap roda) dan BA (pendukung tekanan pada rem
saat diperlukan rem cepat dan mendadak), lalu yang unik ada Blind Spot Warning
dimana Terra akan menginformasikan ke driver jika ada kendaraan dari arah yang
sulit dilihat jika terlalu dekat dengan kendaraan, juga Lane Departure Warning
yang memberikan peringatan saat pindah jalur tanpa menyalakan lampu sein, Terra
juga dilengkapi fitur TPMS alias Tire Pressure Monitoring System yang dipopulerkan
oleh Wuling di Indonesia untuk kelas kendaraan kurang lebih di harga 200
jutaan. Serta yang paling sering digadang2 adalah spion yang memiliki kemampuan
memonitor 360 derajat serta kamera pengganti spion yang tetap dapat berfungsi
dengan baik meski penuh dengan penumpang.
Jadi bagaimana dengan semua hal diatas ? sepertinya tetap
tidak mudah, karena Terra dengan model konservatifnya dan interior yang tidak
mewah hanya cocok untuk yang penggemar off road dan petualangan, yang mengutamakan
safety serta ingin tampil beda. Barangkali nasibnya akan lebih baik ketimbang
Isuzu MU-X, Ford Everest, Chevrolet Trailbalzer atau Hyundai Santa Fe, namun tetap
cukup sulit menyamai Fortuner ataupun Pajero. Entah kalau satu saat Terra bersalin rupa, hal
yang sangat jarang terjadi pada Nissan yang mempertahankan desain X Trail
generasi ketiga sejak 2014, atau Livina yang desainnya bertahan selama 10 tahun
sejak 2009 juga Juke yang sejak 2010 masih berpenampilan kurang lebih sama.
Jadi apa pilihannya ?, ya terserah anda, ingin tampil beda
ya hindari Fortuner dan Pajero, tapi kalau ingin tampil beda sekaligus punya
safety feature, power ekstra, serta torsi ekstra, jelas Nissan Terra produk
yang bisa dipertimbangkan. Buat saya sih Nissan Terra menarik karena fitur2 yang bisa anda dapatkan untuk seri 4x2
VL, dan tentu karena jaminan servicesnya cukup lama
Interior
Leather seat
Electric
seat f/ driver w/ lumbar support
2nd
and 3rd AC vent
Audio
control on steering wheel
Roof monitor
Dual zone AC
6 Speaker
Others
2 ns seat
tumbling w/ driver button
Retractable
mirror
Cruise
control
Immobilizer
DRL
Push Start
Stop Button
Safety
Hill start
Assist
6 Air bags
Vehicle
Dynamic Control
360 degrees
camera
Moving object
detection
Blind spot
warning
Lane
derparture warning
Cruise
control
Tire
Pressure Monitoring System
Offroad
monitor
ABS/EBD/BA
Engine
Power 190 PS
/3600
CC 2488 cc
Torque 450/2000
Common Rail Turbo
Diesel
Bagaimana perbandingan dengan big SUV lainnya ? sekedar corat-coret dari saya kurang lebih seperti ini. Akhir kata pilihan ada ditangan anda :) resale value bagus, bengkel banyak dan desain futuristik pilih Toyota dan Mitsubishi, ingin futurustik, desain bagus namun bengkel terbatas silahkan pilih Hyundai, ingin tangguh, safety feature banyak, jaringan bengkel lumayan silahkan pilih Nissan, ingin safety fitur banyak dan tangguh saja silahkan pilih Ford, ingin murah silahkan pilih Chevrolet dan Isuzu.
No comments:
Post a Comment