Wednesday, July 17, 2013

Tha Last Window Giraffe - Peter Zilahy

Tito lahir 7 Mei 1892, di Varazdin County, sebagai anak ke 7. Sejak usia 7 bekerja di tanah ayah-nya, dan pada usia 2x7 menjadi mekanik pemula. Lalu pada usia 3x7 dia dipanggil menjadi tentara Kakania. Total dia menjadi serdadu selama 7 tahun, dan lalu menghabiskan waktu selama 7 tahun di penjara. Pada usia 7x7 dia menjadi tokoh Partisan, lalu 7 tahun kemudian Yugoslavia putus dengan Uni Soviet, dan dia berusia 11X7 ketika aku lahir.

Demikianlah buku "The Last Window Giraffe" selanjutnya kita sebut TLWG dalam salah satu halaman-nya. Berusaha mengait ngaitkan semua peristiwa di dunia, dengan diri penulis. Kadang melompat ke masa lalu termasuk membahas prajurit pilihan di masa pendudukan Turki yang sebagian ternyata berdarah Balkan, atau mendadak membahas meriam Orban dan hancurnya Konstantinopel, lalu tiba2 membahas budaya penduduk Amerika atau bahkan Meksiko.



Masih mau contoh lain ? Fragmen berikut akan lebih memberikan gambaran; Pada hari yang sama dengan kematian Mao  Zedong, aku digigit oleh gadis bernama Diana di taman kanak2.
Jujur buku ini bukan buku yang tak mudah dibaca, bagaikan kumpulan puzzle yang disajikan dalam fragmen2 singkat, dan berganti ganti dengan cepat, serta tanpa benang merah yang jelas. Peter Zilahy seakan akan mencoba menulis kilasan pikiran-nya tentang sesuatu.

Salah satu yang menarik adalah sudut pandang penulis mengenai negara yang seakan akan dikelola layak-nya perusahaan. Di Balkan, negara2 pecah dan berdiri, menjadi bagian negara lain, dan lalu menjadi bagian negara yang lain lagi. Memisahkan diri lagi dan seterusnya, bahkan suatu masa 5 juta penduduk Hongaria, mendadak menjadi warga negara lain-nya lagi.

Mulai dari sejarah Balkan, kisah bangsa Magyar, pertempuran Ladang Burung2 Hitam, demonstrasi di era Slobodan Milosevic, memenuhi buku ini selain biografi Zilahy, pendudukan Turki dan biografi Tito. Namun yang paling banyak disorot adalah kekacauan di Balkan, sepeninggal-nya Tito.

Buku yang dipublikasikan dalam bahasa Inggris pada tahun 2004 ini menarik bagi yang suka eksperimen. Bukan cuma keanehan cara bercerita, buku ini juga membagi bab layak-nya kamus dari A sd Z (itu sebab-nya novel ini dijuluki juga sebagai "novel-kamus") serta dipenuhi foto2 dan lukisan yang dicomot dari sana sini. Selain diterjemahkan ke 19 bahasa buku ini juga meraih Book of The Year Ukraina 2003.

Siapa Peter Zilahy ? Dia lahir di Budapest, Hongaria di tahun 1970. Selain sebagai penulis dia juga penyair yang aktif membuat puisi dan prosa. Tak hanya itu dia dikenal juga sebagai fotografer dan peminat multimedia bahkan juga aktivis teater.

No comments: