Wednesday, November 25, 2015

Apakah Islam Merupakan Tiruan Dari Agama Lain ?


Ada banyak agama di dunia ini diantaranya, Yahudi, Hindu, Budha (Sintho), Kristen Katolik, Kristen Protestan dan Islam, tapi hanya 2 agama yang pemeluknya paling besar yaitu Islam dan Kristen. 

Materi ini dibuat untuk menjelaskan agar sebagai muslim, seseorang tahu alasan kenapa memilih Islam dan apa perbedaannya dengan Kristen. Sebagaimana saya sendiri, kebanyakan generasi kedua dan seterusnya mungkin memeluk Islam bukan seperti alasan orang tuanya, namun karena mengikuti keyakinan orang tua masing-masing.

Perbedaan #1 Dosa

Kristen : Umat Kristen menganggap semua bayi ketika lahir sudah dengan dosa yang diturunkan dari Nabi Adam As.Percaya pada Nabi Isa (Yesus) sebagai juru selamat, dapat menjamin seseorang masuk surga.

Islam : Umat Islam menganggap semua bayi yang lahir dalam keadaan suci, sekalipun anak seorang penjahat. Perbuatan seseorang kelak lah yang menentukan apakah dia masuk surga atau neraka. Selain amal perbuatan hanya tiga hal yang dapat terus bertambah ketika meninggal yaitu  harta yang diwakafkan, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang sholeh. 

Perbedaan #2 Kematian Nabi Isa

Kristen : Umat Kristen menganggap Nabi Isa (Yesus) mati karena disalib dan merupakan bagian dari penebusan dosa untuk semua umat yang percaya padanya.

Islam : Nabi Isa tidak mati disalib, melainkan diangkat Allah SWT ke langit, dan yang disalib  adalah orang yang diserupakan dengan beliau. Semua nabi pada akhirnya akan mati kecuali Nabi Isa menunggu saat kembali ke Bumi baru kemudian menghadapi kematian. 

Perbedaan #3 Sejarah Nabi Lain

Kristen : Meski menyinggung Nabi Nabi lain akan tetapi posisinya berbeda dengan Nabi Isa (Yesus), yang dianggap bukan cuma Nabi melainkan wujud Tuhan dalam bentuk manusia

Islam : Semua Nabi dianggap sama dimata umat Islam sebagai manusia ciptaan Tuhan. Termasuk Nabi Isa (Yesus) yang dalam Islam amat dihormati. 

Perbedaan #4 Allah 

Kristen : Dalam kristen sosok Allah ada Tiga yaitu Tuhan Bapa, Tuhan Anak (Yesus) dan Ruhul Kudus dan disebut trinitas yang dicetuskan dalam konsili Nicea 325 M oleh Kaisar  Constantine

Islam : Allah hanya satu tidak mempunyai anak, tidak mempunyai bapak dan tidak mempunyai ibu, segala sesuatu mungkin bagi Allah. Nabi Adam yang tidak mempunyai Ayah dan Ibu saja dalam Islam dianggap manusia biasa apalagi Nabi Isa (Yesus) yang hanya tidak mempunyai ayah.

Perbedaan #5 Kitab Suci

Kristen : Kitab injil diterjemahkan ke berbagai bahasa dan versinya sendiri bermacam macam, mulai dari Injil Perjanjian Lama, Perjanjian Baru (Yohannes, Matius ,Lukas dan Yahya) belum lagi Injil lain seperti Barnabas dll yang isinya kadang saling bertentangan. Versi yang saat ini digunakan justru bahasa latin, sedangkan versi bahasa Aramic (bahasa pada masa itu ) sudah tidak jelas keberadaannya.Ada banyak revisi terhadap Injil, dan salah satu versi terbaik yakni versi King James, yang bahkan melakukan penghapusan terhadap ayat-ayat yang meragukan. 

Islam : Kitab Al Qur'an meski diterjemahkan ke berbagai bahasa selalu ada versi tunggal yang merupakan sumber dari seluruh versi. Dalam Al Qur'an jumlah katanya saling mengunci, dan sudah merupakan tradisi untuk dihapal,  sehingga seseorang yang hafidz Qur'an akan dengan mudah mengetahui jika ada perubahan. Silahkan lihat link hubungan Qur'an dengan angka http://hipohan.blogspot.com/2015/11/misteri-angka-dalam-al-quran_18.html

Perbedaan #6 Sejarah

Kristen : Meski Nabi Isa (Yesus) lahir di Yerusalem, namun banyak diwarnai hal-hal kontroversial, misalnya penggambaran kelahirannya selalu diwarnai dengan cemara, salju yang saat itu maupun kini tidak pernah ada di Yerusalem

Islam : Sejarah kelahiran Nabi Muhammad digambarkan secara wajar dan manusiawi, karena beliau hanyalah manusia biasa yang dipilih Allah sebagai pembawa perintah

Perbedaan #7 Tempat Ibadah

Kristen : Tempat ibadah umumnya tidak berubah (setiap umat cenderung ke gereja tertentu saja) , diperbolehkan berpenampilan "wah" dan umat tidak menjadikan Gereja sebagai tempat suci, dengan misalnya masuk dengan mengenakan sepatu.

Islam : Tempat ibadah bebas bagi semua umat muslim, yang penting bersih dan bukan bagus serta tidak diperkenankan berlebih lebihan, yang penting harum dan bukan bau, serta masuk dengan melepas alas kaki setelah sebelumnya bersuci/wudhu. 

Perbedaan #8 Fakir Miskin

Kristen : Tidak disebutkan secara jelas apa kewajiban umat pada fakir miskin, sumbangan kebanyakan untuk gereja. 

Islam : Secara jelas disebutkan mulai dari fakir miskin, anak yatim/piatu, musafir, dan janda, yang merupakan tujuan utama dari semua sumbangan dan bersifat wajib bagi yang mampu. Bahkan untuk zakat, ada berbagai perhitungan rinci, misalnya zakat pertanian seperti apa menghitungnya demikian juga dengan zakat perniagaan, dll. Ketika di zaman kekhalifahan (misalnya Khalifah Umar) hal ini diimplementasikan, dimasa itu umat mengalami kesejahteraan. 

Perbedaan #9 Wujud Nabi

Kristen : Nabi Isa (Yesus) Digambarkan dalam lukisan, patung, kalung dll serta salib yang seakan-akan memiliki kekuatan. Sosok Nabi Isa (Yesus) digambarkan dalam keadaan disalib dan pakaian yang seadanya.

Islam : Nabi tidak boleh dilukis, tidak boleh dibuatkan patungnya, kuburannya tidak boleh disembah, serta tidak ada simbol yang dianggap memiliki kekuatan selain Allah SWT. 

Perbedaan #10 Sains

Kristen : Sering memiliki perbedaan pendapat dengan sains, bahkan beberapa tokoh sains pada zamannya dihukum termasuk hukuman mati karena dianggap bertentangan dengan gereja seperti Galileo, Copernicus, dll.

Islam : Sejalan dengan sains, termasuk kecepatan cahaya, perputaran planet, big bang, meluasnya alam semesta, dua laut yang dipisahkan oleh dinding tak terlihat , proses kelahiran manusia dan berbagai teori sains yang hingga kini bisa dibuktikan. Lihat http://hipohan.blogspot.com/2015/11/misteri-sains-dalam-al-quran.html

Perbedaan #11 Hari Besar

Kristen : Dalam Natal selain cemara dan salju ada beberapa tokoh imajiner lain seperti Santa Claus, Piet Hitam yang diciptakan untuk menambah kemeriahan. Lalu kelahiran Nabi Isa (Yesus) 25 Desember tetap dirayakan meski kontroversial (karena justru merupakan kelahiran Dewa Matahari dan merupakan kepercayaan pagan Bangsa Mesir kuno) dll 

Islam : Dua hari besar dimana umat diminta memperhatikan kaum yang tidak beruntung seperti penyembelihan hewan kurban pada Iedul Adha dan kewajiban zakat pada Iedul Fitri, dibanding yang sifatnya seremonial dan hura2. 

Perbedaan #11 Hari Khusus

Kristen : Kristen menjadikan hari minggu sebagai hari utama untuk beribadah, padahal ibadah di hari minggu (Sunday) adalah kepercayaan kaum pagan penyembah matahari sebagai hari kelahiran dewa matahari, yang dicangkokkan oleh penguasa Roma pada masa itu.

Islam : Berbeda dengan Yahudi yang menjadikan hari Sabtu sebagai hari suci, dan Kristen yang menjadikan minggu, maka Islam memilih Jumat sebagai hari khusus untuk beribadah. 

Perbedaan #13 Akidah

Kristen : Menyadari banyak yang sekali yang sulit dijelaskan dalam agama Kristen, maka hal2 tersebut selalu lebih ke “diimani” dalam hati dibanding “dimengerti” dengan akal. Umat kristen diminta yakin dengan apa yang diyakini gereja.

Islam : Dalam Islam dan Qur’an, justru umat Islam selalu diingatkan untuk menggunakan akal, tidak melulu mengandalkan iman. Banyak sekali ayat dalam Qur'an yang memerintahkan umat manusia untuk memikirkan proses penciptaan. 

Perbedaan #14 Perilaku Nabi Sebagai Contoh Sehari-Hari

Kristen : Tidak ada catatan secara khusus dari Nabi Isa (Yesus) mengenai implementasi praktis Injil dalam kehidupan sehari-hari. Profesi Nabi ISa (Yesus) juga tidak jelas kecuali pernah menjadi penggembala kambing, meski sering disebutkan sebagai Raja Yahudi, tapi justru digambarkan mati dalam keadaan di salib.

Islam : Terdapat banyak catatan mengenai kehidupan Nabi Muhammad dalam kumpulan hadis, mulai dari cara bersuci, berbicara, berdagang. mengunjungi orang sakit, memperlakukan istri, tata cara mandi,  dll. Profesi Nabi selain menggembalakan kambing, berdagang, pemimpin negara dan bahkan sebagai panglima perang.

Perbedaan #15 Umat

Kristen : Sebagaimana  dicantumkan dalam Matius 15:24 ketika Nabi Isa (Yesus) berkata “Aku diutus hanya kepada domba domba yang hilang dari umat Israil”

Islam : Islam diturunkan Allah, bagi seluruh umat manusia, dan alam sekitarnya. Seperti ayat berikut QS 34:28 "Dan Kami tidak mengutusmu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya, sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui" 

Perbedaan #16 Haram dan Halal

Kristen : Meski tata cara berpakaian wanita di biara mirip dengan kerudung, fakta di negara2 kristen, adab berpakaian justru semakin bebas. Begitu juga dengan makanan, minuman keras, perjudian, membungakan uang, legalisasi hubungan sejenis, legalisasi pelacuran, dll 

Islam : Tata cara berpakaian diatur, demikian juga soal makanan, minuman, pelarangan perjudian, pelarangan hubungan sejenis, pelarangan pelacuran, dll. 

Perbedaan #17 Mukjizat Nabi 

Kristen : Ada banyak mukjizat yang dimiliki Nabi Isa (Yesus) seperti lahir tanpa adanya seorang ayah, dapat berbicara sewaktu masih bayi, bisa mengetahui Taurat asli Nabi Musa, yang disembunyikan dan telah mengalami banyak perubahan oleh orang-orang cerdik Kaum Yahudi, membentuk tanah seperti burung kemudian meniupkan roh sehingga menjadi burung,
menyembuhkan orang buta, menyembuhkan orang yang berpenyakit sopak, menghidupkan kembali orang yang telah mati, kemampuan melihat hal-hal yang ghaib melalui panca inderanya meskipun ia tidak menyaksikannya secara langsung, menurunkan makanan dari langit.

Islam : Meski ada banyak kisah-kisah tentang keajaiban Nabi Muhammad termasuk ramalan beliau mengenai akhir zaman, dll, namun selalu yang ditekankan satu-satunya mukjizat beliau adalah membawa pesan Allah dalam bentuk Al Qur'an.

Kesimpulan 

Mudah2an materi ini dapat mengingatkan kita kembali kenapa kita harus memilih keyakinan tertentu, pilihlah karena kebenaran dan bukan melulu karena mengikuti apa yang diajarkan orang tua kita. Dan satu hal penting bagi pemeluk Islam, ingatlah bahwa Islam meyakini bahwa semua Nabi sesungguhnya beragama Islam, dan bahwa sekarang terjadi perbedaan, karena adanya perubahan terhadap firman Allah di kitab-kitab sebelumnya. 

No comments: