Wednesday, November 18, 2015

Menjawab Tuduhan Terhadap Islam

Saya sering mendengar stigmatisasi terhadap Islam, namun sebenarnya, sering sekali yang terjadi adalah tidak kenal maka tidak tahu, sehingga alangkah baiknya jika bisa dijelaskan secara singkat dan juga tepat terkait stigma tersebut,  untuk memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap Islam. 

Kiblat 

Tuduhan : Umat lain sering menganggap umat Islam menyembah kabah dan mengira posisinya kadang seperti salib bagi umat lain.
Penjelasan : Kabah hanyalah petunjuk arah, sehingga kala dalam perjalanan kita dapat menggunakan arah yang lain. 

Doa 

Tuduhan : Umat lain menganggap Islam membatasi doa hanya dalam ibadah shalat 5 waktu, dan memaksa umat untuk melakukannya dengan cara yang sama (harus menggunakan bahasa Arab). 
Penjelasan : Ibadah sholat 5 waktu adalah kewajiban, selebihnya umat Islam dapat berdoa kapan saja, dan ada banyak doa untuk banyak kepentingan, masuk rumah, perjalanan, sebelum makan, setelah makan, sebelum tidur, setelah bangun, mandi, masuk kamar mandi, dan bahkan hubungan suami istri, dll Selain yang ditentukan seperti sholat dengan bahasa Arab,umat islam dapat berdoa dengan bahasa masing2 atau bahkan cukup di dalam hati. 

Jumlah Istri Nabi

Tuduhan : Nabi Muhammad dianggap tercela karena mempunyai banyak istri. 
Penjelasan : Islam mengajarkan bahwa silahkan menikahi istri sampai dengan 4, akan tetapi jika tidak mampu berlaku adil, maka 1 sudah cukup. Dalam hal ini Nabi Muhammad adalah kekhususan, sehingga kemampuan dalam beliau bersikap adil, ada diatas manusia pada umumnya. Selain itu ada alasan khusus bagi Nabi  Muhammad untuk menikah, diantaranya untuk menyebarkan ajaran Islam, membantu janda yang suaminya meninggal ketika perang, dll. Dan satu-satunya istri Nabi yang dinikahi saat gadis hanyalah Aisyah. 

Emansipasi

Tuduhan : Islam dianggap membatasi hak-hak wanita, diperlakukan tidak adil, dipaksa menggunakan pakaian yang tidak nyaman, dll
Penjelasan : Ada banyak wanita yang berperan aktif dalam Islam, Khadijah salah satu istri Nabi adalah saudagar, Aisyah salah satu istri Nabi bahkan pernah menjadi  panglima perang begitu juga Rabiah Al Adawiyah adalah seorang penyair. Pakaian yang menutup  aurat, justru menempatkan wanita menjadi mahluk yang terhormat. Dan jangan lupa Nabi pernah bersabda, sebaik baiknya pria, adalah yang paling baik pada istrinya, atau ketika Nabi mengingatkan sampai 3x siapa yang harus paling dihormati, yakni ibumu, ibumu dan ibumu baru kemudian ayahmu. Jadi kita bisa melihat bagaimana tingginya posisi wanita dalam Islam. 

Perang

Tuduhan : Umat lain menganggap Islam sebagai agama kekerasan yang menyebar dengan paham-paham kekerasan. 
Jawaban : Sebagaimana yang dijelaskan dalam Qur’an, Al Baqarah 2:256 “Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam), sesungguhnya telah jelas jalan yang benar  dari jalan yang sesat” 

Kemajuan  

Tuduhan : Umat lain menganggap bahwa mereka jelas lebih unggul, terbukti dengan banyaknya negara maju yang mayoritasnya pengikutnya adalah umat lain, seperti Amerika, Inggris, Prancis, Belanda, dll
Jawaban : Selalu ada era emas pada satu bangsa untu satu masa, saat ini memang umat lain terkesan lebih maju, karena umat Islam banyak yang meninggalkan ajaran Islam (meski saat awal lahirnya Islam  mengalami masa keemasan, dan juga saat Kekhalifahan Usmani / Ottoman). Saat mendatang bisa jadi giliran China dan India yang diduga akan memimpin era baru, menggantikan Amerika dan sekutunya, yang beberapa kali terpuruk karena krisis keuangan sistem kapitalis (Riba). Di masa yang lebih awal kita mengenal kemajuan pada bangsa Maya, Mesir, Romawi dan Persia.  

Kemajuan yang diklaim umat lain pada negara2 tsb juga masih perlu dipertanyakan karena di negara-negara tsb, dilegalkan pernikahan sesama jenis , minuman keras, kapitalisme  (riba), perjudian,  pornografi, yang justru bertentangan dengan ajaran dan kitab suci mereka, dll. Dan jangan lupa negara kita dan banyak negara lain di dunia, juga merupakan korban kolonialisme dan pemerasan bangsa dari umat lain pada 3 abad terakhir. Apakah bangsa-bangsa  tersebut menjalankan perintah dalam kitab suci mereka ketika menjajah dan memperbudak bangsa lain ?, juga seperti kerusakan sekaligus pembunuhan massal akibat bom atom di Hiroshima dan Nagasaki

Qur’an

Tuduhan : Qur’an hanya karangan Nabi Muhammad SAW. 
Penjelasan : Nabi, adalah seorang yang buta huruf  saat menerima wahyu pertama.Dari kandungan Qur’an, secara ilmu astronomi, matematika, biologi, bahasa yang digunakan, ramalan tentang masa depan (yang sebagian sudah terbukti) , jelas  bahwa Qur’an bukan merupakan ciptaan manusia. Silahkan lihat link 

http://hipohan.blogspot.co.id/2015/11/misteri-sains-dalam-al-quran.html
http://hipohan.blogspot.co.id/2015/11/misteri-angka-dalam-al-quran_18.html

Pahala vs Lokasi

Tuduhan : Umat lain menganggap Islam membeda bedakan pahala menurut lokasi ibadah, dan ini tidak fair bagi umat yang tidak mampu ke lokasi tertentu. misalnya Masjid Nabawi, Masjid Aqsa atau Masjid Haram. 
Penjelasan : Meski pahala pada lokasi khusus dianggap lebih besar, akan tetapi sesungguhnya sahnya sholat adalah yang lebih utama, dan sesungguhnya pahala seseorang hanya Allah SWT yang maha mengetahui. 

Ibadah Haji 

Tuduhan : Umat lain menganggap Tawaf 7x, melempar Jumrah 7x, dan Sa’i 7x, merupakan aktivitas mistis yang dekat dengan budaya jahiliah / animisme.
Jawaban : Dalam Islam, angka 7 merupakan angka khusus, berputarnya manusia sebanyak 7x mengelilingi Kab’ah merupakan simbol  bahwa semua ciptaan Allah dari mulai elektron, manusia, bumi, bulan, bahkan matahari dan galaksi, sperma mengelilingi ovum, pada dasarnya berputar dari kanan ke kiri (tawaf) kepadaNya.Demikian juga dengan 7x bolak balik Shofa dan Marwa, merupakan simbol sebagai manusia tidak boleh berputus asa, sebagaimana Siti Hajar ketika berupaya mencari air bagi Nabi Ismail. Dalam Islam, melempar Jumrah sebanyak 7x juga merupakan simbol membuang 7 sifat perusak kembali ke lokasi dimana Setan dahulu menggoda Siti Hajar. Kekhususan angka 7, misalnya bersujud dengan tujuh tulang, ada 7 lapisan elektron dalam sebuah atom, ada 7 hari dalam seminggu, dll. 

Hajar Aswad

Tuduhan : Umat lain menganggap perlakuan terhadap Hajar Aswad, juga merupakan aktivitas mistis yang dekat dengan budaya jahiliah / animisme.
Jawaban : Dalam Islam, mencium Hajar Aswad hukumnya Sunnah (boleh tidak dilakukan), Nabi sendiri pernah cuma menyentuh Hajar Aswad dengan tongkat tanpa turun dari kendaraannya.  

Puasa

Tuduhan : Umat lain menganggap Puasa merupakan kegiatan merusak tubuh khususnya ginjal.
Jawaban : Dalam Islam, Puasa hanya diwajibkan bagi yang mampu, dan sejauh dilakukan dengan mengikuti sunnah Nabi, seperti mendahulukan berbuka, dan membelakangkan sahur disertai niat, akan membantu tubuh untuk menyesuaikan diri. Faktanya, setelah puasa kebanyakan umat justru mengalami peningkatan kesehatan yang signifikan. 

Simbol Bulan Bintang

Tuduhan : Sebagaimana tuduhan umum terhadap umat lain mengenai asal mula simbol Salib yang merupakan simbol cahaya (Dewa Matahari), maka umat lain menuduh Bulan dan Bintang juga merupakan simbol penyembahan kepada Dewi2. 
Jawaban : Islam tidak mengenal Simbol, Bulan Bintang adalah simbol Turki Ottoman yang pernah menguasai separuh dunia selama 6 abad. Itu sebabnya tidak semua Masjid menggunakan simbol ini, sebagian Mesjid juga menggunakan kaligrafi Allah. Pada masa Nabi, panji-panji Islam menggunakan warna polos seperti putih, hitam dan hijau. 

Teroris

Tuduhan : Agama Islam identik dengan teroris. 
Jawaban : Selalu ada garis keras dalam suatu agama, hal ini juga terjadi pada umat lain seperti pemberontakan IRA  di Inggris ataupun Basque di Spanyol. Dalam masa Nabi, ketika dalam keadaan perang, instruksinya adalah, jangan bunuh anak2 / wanita dan orang tua, juga binatang dan jangan merusak tempat ibadah dan juga tanaman, hal ini sudah menjawab bahwa terorisme bukan hal yang disetujui dalam Islam. Jika benar Islam teroris, dengan jumlah 1,6 Milyar penduduk atau sekitar 25%, maka bisa dibayangkan dampak kerusakan yang terjadi. Seandainya dalam satu aksi teror, target sasaran tidak membeda-bedakan antara tentara musuh dengan anak-anak, wanita, orang tua, dan juga merusak pepohonan atau tempat ibadah dan bahkan melakukan bunuh diri setelahnya (dimana bunuh diri diharamkan dalam Islam), dengan mudah kita bisa simpulkan bahwa itu tidak merepresentasikan Islam, karena haram hukumnya. Surat Qur'an yang menjelaskan soal ini adalah sebagai berikut;

"... Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya..." (QS. al- Maidah: 32)

Perbedaan Hari Raya

Tuduhan : Umat Islam tidak kompak menentukan Hari Raya 
Jawaban : Karena penggunaan akal adalah sesuatu yang dianjurkan dalam Islam, maka perbedaan pendapat adalah hal yang umum selama tidak menyangkut yang sifatnya prinsip. 

Kesimpulan 

Sebagai muslim, tuduhan terhadap Islam tentu harus dapat kita jelaskan, sehingga dapat membantu mengubah persepsi yang tidak tepat terhadap Islam, Semoga hal ini dapat membuat kita lebih yakin cahaya Islam sebagai agama yang dapat  menjadi pegangan kita di dunia dan terutama di akhirat kelak




  

No comments: