Monday, March 07, 2016

Menemukan Trim Tab

Beberapa tahun lalu saya sempat mengikuti pelatihan berlisensi dari Steven Covey. Salah satu yang paling menarik adalah trim tab. Apa itu trim tab ?, sebagaimana kita ketahui pada sebuah kapal ada bilah sirip kemudi yang berada dibagian buritan. Pada kapal raksasa ukuran bilah kemudi ini bisa sangat besar, alias bisa mencapai panjang 10 meter dan lebar paling tidak 5 meter. 

Karenanya diperlukan motor yang sangat kuat yang mampu membelokkan sirip raksasa ini beberapa meter di kedalaman laut, karena kuatnya tekanan dan arus air. Untuk memudahkan gerakan bilah kemudi, para ahli membuat trim tab, yakni sirip kecil diujung bilah kemudi yang cara kerjanya berlawanan dengan bilah kemudi. 

Dengan adanya trim tab, bilah kemudi raksasa dapat lebih mudah digerakkan, dan kapal dengan mudah berbelok kearah yang diinginkan. Covey menganggap perubahan dapat dimulai dengan menemukan trim tab, sederhana, mudah namun memicu perubahan yang lebih besar.   




Untuk memperjelas teori tersebut, digunakan dua contoh nyata, yakni 

Disuatu sekolah, saat seorang kepala sekolah bernama Madeline Cartwright ditugaskan, dia menemukan bahwa sekolah tsb sangat suram, kotor dengan sekumpulan anak-anak tanpa gairah. Sang Kepala Sekolah memulainya dengan menyikat sendiri wc anak laki-laki yang selama ini dianggap tidak pernah bisa dibersihkan dari bau pesing yang mengganggu. Dengan mengggunakan air panas, Sang Kepala Sekolah membuktikan bahwa wc ini dapat kembali bersih. Perlahan lahan orang-orang yang meragukan bahwa perubahan tidak dapat dilakukan ikut terlibat. 

Lalu Madeleine membuka pintu bagi orang2 yang dapat / mau menyumbangkan baju bekas mereka pada anak yang berbaju kotor, dan sejak saat itu semua orang berpartisipasi dalam memajukan sekolah. Terinspirasi dari kegiatan tsb, sekolah ini akhirnya berhasil menjadi salah satu sekolah terbaik. 

Contoh berikutnya, 

Saat walikota New York Rudolph Giuliani, memulai pembenahan kota, ternyata sangat banyak terjadi kasus kriminalitas seperti perampokan dan pembunuhan. Lokasi favorit bagi pelaku adalah subway New York yang terkesan kumuh, gelap dan kotor. Beliau memulainya dengan membersihkan grafitti di subway, menyalakan lampu-lampu yang mati dan mencegah orang2 yang tidak bayar menggunakan fasilitas subway.

Pada awalnya kepolisian menganggap ide itu bakal gagal, mereka sudah pernah menambah jumlah petugas keamanan dan tetap gagal dalam menurunkan tingkat kejahatan. Namun ketika petugas menghapus graffiti, menyalakan kembali lampu-lampu yang pecah, meski graffiti baru kembali muncul dan lampu-lampu kembali dipecahkan, pelan-pelan seluruh subway menjadi lebih bersih, dan pelaku kriminalitas mulai meninggalkan subway. Sejak itu 75% kejahatan di NYC turun dan begitu juga terjadi turunnya 2/3 kasus pembunuhan.

Pada buku Felix Siauw, How To Master Your Habit, Felix menggunakan momen bangun sepagi mungkin sebagai trim tab, dan memulai 1 atau 2 lembar buku yang akhirnya menjadi 4 sd 5 buku pertahun. Atau cerita tentang pertobatan menggunakan kejujuran sebagai trim tab sekaligus awal dari perbuatan baik. Mari kita menemukan trim tab milik kita sendiri, dan mulailah melakukan perubahan kearah yang lebih baik. 

No comments: