Thursday, April 07, 2016

Suka Duka Bekerja di Multi National Company Part#7 of 9 : Perangkat Kerja


Pada posisi saya, sehari hari saya harus cukup akrab dengan berbagai aplikasi seperti

  • Smartbuy (untuk proses procurement approval)
  • SAP (untuk proses invoice approval)
  • Costing Tools (untuk menghitung kelayakan proyek dan proses approval)
  • Sharepoint (dimodifikasi untuk proses internal seperti pengelolaan dokumen, dan approval)
  • Expense Tools (untuk proses pengeluaran karyawan seperti transport, parkir, dll)
  • Leave Tools (untuk mengajukan cuti)
  • Workday / HR Tools (untuk pembuatan target, evaluasi kinerja, penyesuaian salary, dll)
  • Taleo (untuk proses rekruitmen)

Namun ajaibnya,  yang akhirnya paling banyak digunakan justru  Excel, kenapa ? karena kebanyakan report yang dihasilkan dari berbagai perangkat tsb ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan setiap proses monitoring. Saya jadi teringat sebuah kartun IT, yang mengisahkan seorang pemuda saat kuliah menggunakan Assembler,  saat mengawali karir menggunakan Basic, dipertengahan karir menggunakan Java dan menjelang akhir karir malah menggunakan Excel.

Rata-rata karyawan di MNC sepertinya sangat ahli menggunakan Excel, dengan kebutuhan yang juga relatif diatas rata-rata pemakai Excel pada umumnya, mulai dari conditional scripting, query by color , freeze panel, atau sekelas pivot dan semua diintegrasikan secara multi sheet yang kompleks.

Kesimpulan

Kejutan bagi saya meski untuk perusahaan sekelas MNC ujung-ujungnya yang paling banyak digunakan justru Ms. Excel. Tadinya saya kira ada semacam implementasi Qlick View di level ini, namun sepertinya Qlick View lebih untuk menggenerate laporan ke pelanggan . 

No comments: