Thursday, November 22, 2007

A Child Called It

Sudah pernah baca "A Child Called It", tadinya saya beli satu, kemudian buku kedua "The Lost Boy" dan akhirnya buku ketiga "A Man Named Dave ", luar biasa, ini cerita nyata dari biografi David Pelzer, yang hidup dengan seorang ibu pemabuk Catherine Roerva dengan pola pengasuhan anak yang sama sekali salah.

Tapi yang hebat adalah, si anak berhasil dewasa meski dengan luka2 psikologis masa lalu yang dahsyat dan nyaris menghancurkan masa depannya. Dan malah berbalik menjadi aktivis anak yang sangat peduli dengan "Child Abuse".

Salah satu buku yang sangat inspiratif, dan menyadarkan kita bahwa orang tua sering kali tidak siap mempunyai anak, dan ketika situasi menjadi semakin tidak terkendali, anak2 lah yang menjadi korban, disini diceritakan bagaimana david kecil disemprot dengan amoniak, direndam di air sedingin es, dianiaya secara fisik, dilap dengan pempers basah saudaranya, serta sampai harus makan kotoran anjing karena kelaparan.

Ini kisah yang benar2 menggugah dan nyaris sulit berpaling ketika kita membacanya. Ironis mengingat anak2 tidak pernah minta untuk dilahirkan, tapi orang tua yang tidak siap, seringkali menjadikan mereka sebagai korban dan pelampiasan.
Np Magellan "A Social Marginal"