Monday, November 28, 2011

Mimpi Sejuta Dollar Merry Riana – Alberthiene Endah

Kalau harus memilih untuk membeli buku, secara pribadi, buku Merry Riana tadinya belum cukup menarik bagi saya, akan tetapi boleh jadi seperti kata pepatah lama “tak kenal maka tak sayang”, mendadak tidak ada angin dan tidak ada hujan salah satu sahabat baik di kantor menghadiahkan buku ini pada saya. Karena kebetulan Sabtu lalu, istri minta diantar jemput ke kantornya, maka di parkiran sambil menunggu istri saya dapat langsung menyantap setengah dari buku ini dan melanjutkannya lagi hingga selesai menjelang isa.



Berbeda dengan buku kisah sukses seperti Ahmad Fuadi, Iwan Setyawan, Andrea Hirata , yang biasanya mengarang bukunya sendiri, buku Merry justru dibuat oleh orang lain dalam hal ini Alberthiene Endah, sosok pengarang yang sudah tidak asing dengan karya biografi pesohor di negeri ini. Mungkin hal ini juga yang akhirnya justru membuat alur buku ini mengalir lancar, dan dibuka dengan kisah saat ini ketika Merry bersama suaminya kembali ke kampus yang membesarkan mereka dulu sebagai orang sukses, yang lantas disuguhi dengan flash back, kisah perjalan Merry ke Singapore meninggalkan keluarga dan negaranya menempuh kehidupan sebagai salah satu mahasiswa di NTU.

Ada beberapa kesalahan yang menganggu misalnya dimana ketika diangkat kisah bahwa ketika “terpepet” justru disitulah saat dimana manusia dapat menunjukkan potensi terbaiknya Hal. 77, dengan merefer teori Darwin dengan analogi Jerapah yang terpaksa memanjangkan leher untuk survive, padahal seharusnya teori Lamarck. Meski demikian hal2 tersebut tidaklah mengurangi menariknya buku ini.

Hal menarik lainnya adalah Merry penggemar buku Kiyosaki (seperti juga saya) serta Anthony Robbins. Sosok Tony Robbins ini mengingatkan saya akan film komedi Jack Black yaitu “Shallow Hal” yang juga diperankan oleh Gwyneth Paltrow. Dimana dalam film tsb Jack Black bertemu dengan Tony Robbins (yang disebutkan Merry sebagai sosok raksasa bermuka kotak / persegi) terjebak dalam lift yang terkunci, lantas diajarkan bagaimana supaya kita tidak terjebak pada keindahan luar akan tetapi keindahan dalam (baca personality). Tokoh ini juga lah yang akhirnya menginspirasi Merry untuk lebih fokus lagi belajar bisnis, dan mempertaruhkan uang hasil kerja kerasnya berbulan bulan hanya untuk mengikuti seminar Robbins meski hanya bisa duduk di deretan paling belakang.

Fokus buku berikutnya, adalah bagaimana setiap orang harus memelihara rasa lapar dalam dirinya, sehingga secara terus menerus dapat menjaga motivasi untuk berprestasi, yang ternyata dialami juga oleh Merry yang "bingung harus berbuat apa" setelah sukses dicapai. Sehingga dengan suami, dia memutuskan ke Gold Coast dan kembali mengikuti seminar Anthony Robbins, yang mengingatkan bahwa kesuksesan sebenarnya bukanlah sukses secara pribadi melainkan dapat membantu orang lain untuk sukses.

Buku ini juga membuat kita berpikir kembali pada definisi sukses, apakah semua orang harus terobsesi seperti Merry dimana kebebasan finansial sudah dia peroleh di usia yang masih sangat muda ? Bagaimana jika kebahagiaan seseorang misalnya terletak pada hal2 lain, misal komposer, wartawan, tentara dll. Untuk Merry yang keluarganya sempat mengalami masalah ekonomi mungkin jawaban-nya adalah iya, akan tetapi bagi orang lain bisa saja tidak. Meski demikian semangat untuk meraih sukses, bangun meski sudah berkali kali jatuh, merupakan hal inspiratif dalam buku ini. Jadi ini merupakan buku yang sangat direkomendasikan dibaca atau menjadi salah satu koleksi anda. Semoga Merry dapat terus menjadi inspirasi bagi generasi baru negeri ini.

4 comments:

Andi Susanto said...

Kemarin ikut liat launchingnya di kinokuniya?
saya ada liputannya :
http://motivasiandi.blogspot.com/2011/11/liputan-launching-buku-merry-riana.html

Husni I. Pohan said...

Waduh bro Andi gak ikutan tuh ke Kino.., btw thanks buat liputannya ya :)

Unknown said...

Salam kenal,
Permisi min, ada info untuk
seminar Mimpi Sejuta Dolar yang akan diadakan di kota Malang Jawa Timur, untuk info lebih lanjut silahkan datang aja ke http://merryrianamlg.blogspot.com
atau follow @merryrianamlg

terima kasih, :D

Unknown said...

Tanggal 2 Juni 2013 Merry Riana akan datang ke Universitas Brawijaya, Malang.
Selain talkshow Merry Riana, akan ada Festival Coklat Nasional!!
So, tunggu apa lagi? Langsung pesan tiketnya segera ke Cleverina: 082142029223