Tuesday, May 15, 2007

Classic Rock vs Modern Rock

---Gitar
Era claro gitaris yang dianggap hebat adalah yang bermain diatas fret ke 12,sound psychedelic adalah yang terbaik, era modern, gitaris hebat justru yang mantap di riff dan umumya bermain di fret 5 ke bawah, sejumlah gitaris bahkan melakukan down tune, kecepatan dan teknik adalah segala-galanya.

---Bass
Era claro banyak bermain dengan style unison bersama gitar, era modern bass main seolah olah meninggalkan fungsi ritem, dan juga memainkan fungsi melodi, tapi sebaliknya pada thrash bahkan kadang bunyinya malah tidak terdengar, seperti Newsted di Metallica.

---Vokal
Era claro, vokalis yang top yang suaranya melengking, semakin tinggi oktafnya semakin hebat doi, seperti Robert Plant, Geddy Lee dll, era modern gak penting vokal melengking, yang top malah yang kadang ngegrowl seperti Hetfield atau malah ngegrowl terus menerus krn memang gak bisa nyanyi (tadinya saya kirain "Opeth" termasuk kategori ini, tp setelah denger album "Damnation" ternyata tidak).

---Keyboard
Era claro, keys cukup dominan, sound tersohor mulai dari Moog, Hammond (persis seperti orgel di gereja tua), dll, era modern fungsi keyboard kadang cuma buat efek, malah ditambah fungsi baru seperti dj, yang bunyi cuma cuits cuits.., pada era modern fungsi keyboard kadang diganti dengan gitar sintesizer.

---Drum
Era claro, beatnya nyantai dan suara bass drum sangat mantap, era modern kadang gak sempat mainin hi-hat, kedua kaki adanya di bass drum, baik double bass double pedal ataupun single bass double pedal, sementara suara bass drumnya justru makin mendekati snare hanya jauh lebih cepat.

NP Funeral for a Friend "Monsters"

No comments: