Tuesday, May 29, 2007

PoS Scarsick "Kontroversi Disco vs ProgMet"

PoS kembali di tahun 2007 setelah "Be" yang menggemparkan jagad prog, dengan album baru "Scarsick". Karena menariknya album ini, gw pengen nulis review terutama karena adanya kontroversi disco vs prog yang diwujudkan via track 5, Disco Queen. Mohon maaf kalau sedikit terlambat mengingat album ini sudah keluar beberapa waktu berselang (januari 2007), tp mudah2an bisa jadi referensi bagi yang mau mencoba menikmati.

Terus terang meski gw penggemar banyak jenis musik mulai dari jazz, klasik, hardrock, thrash, metal, progmet, tapi khusus disco dan rap.., nggak deh, ini termasuk musik yang sangat tidak gw sukai. jadi ingat waktu nonton "miracle" di fame station bandung, waduh gak nahan deh dengerin dj ber-atjep2 nyaris 2 jam karena datang terlalu awal dan pertunjukan telat dimulai.

tp sebagai orang yang mengaku penggemar prog, tentu saja, mesti "open mind" (seperti kata jean luc ponty dalam album tahun 1984), so dengan perasaan campur aduk gw memulai perjalanan ke dalam PoS "Scarsick".

Track#1 Scarsick (07:08) ****
Dahsyat, track dengan judul sama dengan albumnya ini layak menjadi pembuka, sangat menggugah gw untuk moshing, sound distorsi gitar-nya mantap dan pas meski intro-nya agak mengingatkan gw dengan salah satu track "DT", seperti umumnya track2 PoS tidak ada permainan sirkus instrumen seperti yang biasa dilakukan "DT".

Track#2 Spitfall (07:17) *****
Sepintas ketika pertama dengar mengingatkan kita akan "linkin park", kemudian semenit kemudian berubah menjadi senandung yang diakhiri dengan geraman gildenlow, ini track mantafff. Ada suara2 alat musik tiup yang biasa dimainkan anak2 sebagai background di beberapa bagian track.

Track#3 Cribcaged (05:58) *****
Didahului gitar dengan effect ala clean, sepintas mirip dengan nuansa yang ada di album "be", kemudian gildenlow seakan bercerita. ini track slow dan dalam, sementara suara bayi bercanda muncul dibagian bagian tertentu dalam track ini.

Track#4 America (05:05) **
Ini track yang menurut gw terburuk di album ini, iramanya cenderung gembira, ditambah suara banjo disana sini. Untuk menggambarkan keterkaitan track title dengan isi.

Track#5 Disco Queen (08:22) ****
Ini track kedua yang terpanjang dari sisi waktu dalam album ini, kalau kita perhatikan track ini gak bisa dianggap sebagai track disco, sound disco hanya muncul dibeberapa bagian dalam lagu, imho secara keseluruhan , baik dr perubahan beat, panjang track, masih sangat "ngeprog", dan justru mungkin salah satu track andalan PoS. Kesan tidak serius langsung terhapus oleh klimaks dengan jeritan gildenlow di menit ke 5.

Track#6 Kingdom of Loss (06:41) *****
Lagi track2 indah ala PoS, setingkat dengan Cribcaged, indah dan menggugah.

Track#7 Mrs. Modern Mother Marry (04:14) ***
Ini track rata2, gak ada solo gitar hallgren yang hebat, tetapi didahului dengan sound gitar yang cukup unik.

Track#8 Idiocracy (07:04) ***
Track ini mirip dengan album2 awal PoS, benar2 "true progmet" disini tidak ada pencarian, btw tp masih satu kesatuan dengan track2 sebelumnya.

Track#9 Flame to the Moth (5:58) *****
Kembali track dahsyat, kali ini ditambah growl "gildenlow" ini track pembuktian kualitas vokal doi yang luar biasa, mulai dari menggeram, berbisik, mengaum, menjerit, ini track top dan penuh penghayatan.., entah kenapa mendengar gildenlow berekspresi gw selalu teringat peter gabriel, mungkin kalau peter gabriel memulai karirnya di tahun 90'an, maka doi bisa jadi menjadi salah satu pentolan progmet.

Track#10 Enter Rain (10:03) ***
Track terpanjang di Scarsick, setipe dengan track#8 Idiocracy, tidak ada yang baru disini, sebenarnya kurang mantaff sebagai penutup, kalau urutan bisa diubah disini lebih tepat track#6 atau track#3.

Secara keseluruhan, tanpa membicarakan syair, album ini sama sekali tidak kalah dengan "Be", dan kalau ada yang mengatakan album ini buruk hanya karena track 5, bagi gw statemen tsb sangat tidak ngeprog. Sekali lagi PoS membuktikan tidak perlu skill sekelas "DT" untuk membuat album bagus.


No comments: