Wednesday, December 05, 2007

Sound of Music (1965) - Robert Wise

Pernah nonton film sound of music ?, ini salah satu film terbaik yang pernah saya tonton, meski diawali dengan setting gereja (dan bukan pesantren), karena ceritanya memang bermula dari seorang kandidat biarawati (diperankan oleh Julie Andrews) yang lebih nyaman dengan kehidupan di luar biara dan akhirnya menjadi istri Von Trapp, seorang duda angkatan laut (Christopher Plummer) sehingga melengkapi puzzle hilang milik keluarga von trapp menjadi utuh.

Setting nya sendiri saat Austria diinvasi Jerman, dengan kamera panoramic yang saat itu merupakan barang langka kita bisa melihat lansekap pegunungan Austria yang luar biasa indah dengan danau yang terhampar bagaikan permadani biru di pedalaman Salzburg.

Jadi apa yang membuat film ini begitu menarik dimata saya, pertama; jelas sebagai film adalah kualitas fotografi-nya, kedua; cerita yang menarik, ketiga adalah keindahan lagu-lagu sepanjang film, yang saat ini bahkan masih terasa sangat indah. Tak heran kalau film ini menyabet 10 nominasi dimana 5 diantaranya berhasil disabet.

Beberapa dari lagu yang indah dari film tersebut adalah, Edelweiss, My Favourite Things, So Long, Farewell dll.

np Antonio Carlos Jobim "Robo Bop"

No comments: