Wednesday, October 15, 2008

Garth - Frank Bellamy

Sempat menjadi "comic strip" di harian Kompas, dan Gramedia mengambil inisiatif untuk menerbitkan beberapa diantaranya dengan judul


Topeng Atacama (The Mask Of Atacama)
Wanita wanita Galba (The Women of Galba)
Mahluk Jurang Dasar Laut (People of The Abyss)
dll

Frank Bellamy menunjukkan kemampuannya dalam menggoreskan pena, dalam menggambarkan sosok kekar berambut pirang ini. Keistimewaan Garth adalah petualang waktu, mirip dengan film "Quantum Leap" di film seri TV tahun 90'an, Garth mengarungi waktu dan kadang dibantu Professsor Lumiere, lelaki setengah baya dengan kepala botak dan janggut runcing (mirip Stalin, tokoh komunis Rusia), untuk mengembalikan dan merekonstruksi ingatan Garth akan masa lalu.

Meski sosok cerita ini aslinya bukan berasal dari Frank (konsep asli dari Steve Dowling), akan tetapi visualisasi yang unggul dengan garis tegas, tajam dan rapih benar mempesona saya.



Sebenarnya komik ini agak berbau dewasa karena banyaknya penggambaran wanita dengan dada telanjang, meski tidak terasa vulgar. Sehingga referensi seks saya salah satunya dibentuk dari komik ini, maklum orang tua agak konservatif untuk hal yang satu ini, jadi sebagai anak untuk hal yang satu itu dituntut untuk pintar sendiri ;) Garth sering digambarkan menggunakan mobil mirip dengan Holden Kingswood, model yang cukup akrab di tahun 70 an.


Setelah Bellamy meninggal, maka karya-nya dilanjutkan oleh Martin Asbury, sayang kualitas gambar doi jauh dibawah Bellamy. Salah satu yang asyik, komik ini juga membantu saya dalam Bahasa Inggris, karena terjemahan ditaruh dibagian bawah gambar dan membiarkan teks asli tertulis apa adanya.

3 comments:

Anonymous said...

sebagai referensi, pengkomik indonesia yang nuansa-nya kayak bellamy adalah haryono -komikus dari harian Sinar Harapan (now = harian Suara Pembaruan)

gibbod

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

u/ komik frank bellamy, yang diterbitkan oleh gramedia (cmiiw. sekitar tahun 78-an tersebut) ada 4empat judul. total ditambah 1satu judul- Berebut Tambang Perak

(koreksi ejaan, kebanyakan kurung)