Friday, October 10, 2008

Testament, Return of The [Thrash] King

waw.., cuma itu yang bisa saya ucapkan ketika pertama kali mendengar, album "The Formation of Damnation", kenapa ? sebab kalau dibandingkan dengan comeback-nya Megadeth (united abominations), yang meski lebih baik jauh dari comebacknya Metallica (death magnetic), akan tetapi comebacknya Testament jauh melewati kedua seniornya tersebut.

Dengan ketukan mantaf double bass rapatnya Paul Bostaph (Ex Slayer),Testament benar2 menunjukkan pada band metal yang lebih muda, bahwa mereka layak mendapat julukan "king of thrash", dan layak untuk kembali dijadikan lokomotif kebangkitan musik keras saat ini. Sepertinya putusan untuk mengganti Louie Clemente yang sound-nya cenderung tipis menjadikan album Testament ini bener2 mantafff.

Belum lagi, permainan Skolnick yang "ajaib", menyemburkan improvisasi yang panjang dan sulit diduga serta sound yang lebih modern. Pengalaman doi di ranah jazz khususnya dalam Attention Deficit dan Alex Skolnick trio dan bersama Michael Manring dan Tim Herb benar2 memperkaya album Testament ini. Doi membuktikan meski bukan murid Joe Satriani yang "mengkilap" dibanding Kirk Hammet apalagi Steve Vai, tetap seorang skolnick punya "sesuatu".

Diluar itu semua, salut buat Chuck Billy, yang kualitas vokalnya setelah perang dahsyat melawan kanker, malah jadi lebih "soulfull", dan semangat doi yang tak pernah henti untuk berkarya, dimana nyaris 90 % materi album ini adalah buah karya doi.

Album ini sangat direkomendasikan buat yang masih terluka dengan "Death Magnetic" ;) lupakan metallica yang belum belajar dari kasus "ST. Anger", berikut track list album;

1 For the Glory Of... 1:12
2 More Than Meets the Eye 4:33
3 The Evil Has Landed 4:44
4 The Formation of Damnation 5:09
5 Dangers of the Faithless 5:47
6 The Persecuted Won't Forget 5:49
7 Henchmen Ride 4:00
8 Killing Season 4:52
9 Afterlife 4:13
10 F.E.A.R. 4:46
11 Leave Me Forever 4:28

No comments: