Monday, January 13, 2014

Escape - EndahNResa

Setelah pertama kali melihat penampilan mereka di TV, saya sudah cukup lama berburu album EndahNResa, sampai akhirnya di TSM dapat juga kedua albumnya, yakni Look What We've Found (2010) dan Escape (2013). Menganggap bahwa EndahNRhesa, selalu bas dan gitar ternyata tidak selalu benar. Pada album Escape, justru track awal Hypergalaxy Intro dibuka dengan sampling digital yang agak berbau petualangan ruang angkasa. Album ini juga unik karena artwork yang ditangani langsung oleh Resa.



Escape merupakan bagian terakhir dari trilogi album EndahNResa, yang dimulai dari Nowhere To Go (kebetulan yang ini saya belum punya) di mana, muncul sosok karakter bernama Shane Harden yang hidup di Silence Island. Kemudian di album Look What We’ve Found, dimana Shane Harden tersebut kembali ke masa lalu dengan menggunakan mesin waktu dan menemukan hal baru. Nah di album Escape, Shane Harden tersebut kembali masanya lagi.

Secara lengkap track-track-nya adalah sbb (saya berikan bintang * sd ***** untuk penilaian dari yang biasa saja sampai yang terbaik); 

Hypergalaxy Intro (*)
Track full digital ini mengagetkan, meski secara kualitas musik biasa-biasa saja, kenapa ? karena EndahNResa memang lebih dikenal dengan karya bas dan gitar saja. Di album ini saya jadi ingat saat Rush di album Signal mulai memanfaatkan peranan synthesizer, jadi memang terdengar tidak biasa bagi yang sudah merasa akrab dengan karya duo ini.


Silence Island (***)
Temanya adalah kekacauan yang terjadi di sebuah tempat akibat penggunaan teknologi berlebihan. Tema ini mengingatkan saya akan komik Arad dan Maya, dimana disatu pulau, komunitas robot mengambil alih peranan manusia. Perubahan beat di track ini sangat khas progressive dan memberikan kenikmatan saat mendengarnya. Sound bass yang digunakan Resa membantu memberikan efek perkusi pada track ini. 


Someday (****)Dibuka dengan intro lembut dan bercerita tentang harapan manusia di masa depan.Tak terdengar jelas permainan  bass Resa disini, mungkin disengaja hanya menggunakan gitar. Suara Endah terdengar aneh disini, dan mengingatkan saya akan Six Pence None The Richer dengan track Kiss Me nya yang melegenda.

Spacybilly (***)Sepertinya digunakan kocokan dengan teknik mute disini, karena suara gitar-nya terdengar mendem atau memang pakai ukulele ? Lalu diselingi dengan petikan solo yang agak nge-jazz. Sepertinya Endah punya potensi solo gitar yang bagus, namun selama ini tidak terlalu dieksploitasi. Background vocal membuat lagu ini terasa kaya dan ramai sekaligus nge-beat.

Just Tonight (***)Diawali dengan ketukan perkusi minimalis ala cajon dan bass, lagu Just Tonight salah satu lagu menarik dalam album ini, dan mengingatkan saya akan gaya mellow ala Cold Play.

Somewhere In Between (***)Lagi2 gaya ceria dengan beat cepat ala Spacybilly terulang di album ini. Sepertinya ada dua track gitar dalam album ini, karena saat solo aktif, ritem gitar tetap berperan. Backing vokal lagi2 berperan dengan cantik dalam track ini dan memperkaya bunyi2an minimalis ala EndahNResa.

No Tears From My Eyes (****)Entah kenapa lagu ini mengingatkan saya akan lagu Dewa Aku Di Sini Untuk Mu.  Lagu ini agak murung, dan sayup2 terdengar sampling digital. Disini Endah yang memang secara power vokal keteteran, memainkan teknik falsetto dengan manis. Ini salah satu track favorit saya dalam album ini.

Alone In The Loneliness (****)Track yang mengaduk emosi kita, dan dari judulnya sudah bikin mellow, apalagi kalau didengar saat musim hujan seperti ini. Secara emosi, lagu ini mirip dengan No Tears From My Eyes.

Gone Forever (****) Tentang harapan dan juga keinginan, lagi2 bass Resa tak menonjol disini, dan secara emosi kembali melanjutkan petualangan mellow dua track sebelumnya.

Sun Goes Down (***)
Track yang cocok menjadi penutup dan memberikan kembali semangat kita setelah dihantam tiga lagu mellow secara berturutan.


Hemm bagi saya album ini adalah bukti betapa berkualitasnya musik Indonesia, dan setelah Discuss, Gugun, Anane, Nerv, bagi saya ini salah satu group yang memiliki prospek mendunia. Semoga EndahNResa terus berkarya dan menghasilkan musik-musik berkualitas yang memberikan santapan bagi jiwa kita-kita yang haus.

No comments: