Thursday, August 18, 2011

7 Rahasia Kaya dan Sukses Abdurrahman bin Auf - V.Dinsi dan T.Ardiyanti

Ini buku kedua yang saya peroleh dari acara ceramah siang di bulan Ramadhan 2011 komunitas masjid Wisma Metropolitan. Nama sang pengarang sekaligus penceramah cukup akrab karena saya pernah membaca salah satu bukunya terntang enterpreneurship.

Cover bukunya meriah, dan disertai kata2 Abdurrahman bin Auf yaitu “Sejak itu dunia datang menghadapku (red : kiasan makmur dan bahagia). Hingga seandainya aku angkat sebuah batu, maka dibawahnya kudapati emas dan perak”. Sosok satu ini merupakan satu dari sepuluh sahabat Nabi yang dijanjikan akan menikmati Surga kelak dan satu dari delapan orang yang pertama tama meyakini Islam. Dari cerita sejarah dapat disimpulkan beliau lah sahabat Nabi yang paling sukses secara ekonomi, dan perdagangan yang dilakukannya tidak hanya meliputi Madinah dan sekitarnya, tetapi sampai ke Mesir dan Syria. Hanya saja karena bisnisnya yang luar biasa, semasa hidup Nabi pernah menyatakan bahwa kelak Abdurrahman bin Auf akan masuk surga namun dengan merangkak sehingga Nabi menyarankan Abdurrahman untuk meminjamkan harta-nya di jalan Allah.




Dalam buku Felix Y. Siau sempat dibahas soal karakter unik dan keterampilan bisnis yang tinggi dari sosok Abdurrahman Bin Auf. Bagaimana beliau memilih hijrah ke Madinah dengan meninggalkan kekayaan-nya di Mekkah. Dan saat seorang saudagar Madinah menawarkan setengah dari harta yang dimilikinya pada Auf, dengan tenang Auf menolak, dan cuma minta ditunjukkan lokasi pasar untuk segera menerapkan keahlian-nya. Dan dalam waktu yang singkat beliau kembali menjadi salah satu sosok terkaya di Madinah.

Bisa jadi ini merupakan akibat dari rezeki perdagangan yang muncul dari sekian banyak transaksi sehingga otomatis akan menimbulkan resiko yang lebih besar dibanding seseorang yang hidupnya pas2an dan hanya mengandalkan sedikit atau bahkan satu sumber mata pencaharian. Meski demikian semasa hidupnya Abdurrahman bin Auf selalu memberikan sumbangan harta yang luar biasa besar bagi kemajuan umat, dan ketika meninggal beliau meninggalkan harta sebanyak 1000 unta, 100 kuda, 3000 kambing serta warisan emas dan perak yang cukup bagi semua anggota keluarga yang ditinggal serta 80.000 dirham untuk setiap orang dari keempat istrinya. Justru kata2 Nabi mengenai masa depannya kelak, membuat beliau lebih bersemangat lagi dalam bersedekah.

Karena kualitas kepribadiannya, Abdurrahman bin Auf juga merupakan seorang kandidat Khalifah sebagai pengganti Khalifah sebelumnya, namun jiwanya yang tidak ambisius justru mengarahkannya untuk mundur dan lebih memilih Utsman bin Affan sebagai pengganti Khalifah Umar bin Khatab. Beliau juga dikenal sebagai seseorang berpenampilan sederhana sehingga bahkan tidak bisa dibedakan dengan karyawan-nya. Di tubuhnya terdapat paling tidak 20 bekas luka, beberapa gigi seri yang patah serta kaki yang pincang akibat peperangan melawan kaum kafir.

Dalam buku ini pengarang mencoba untuk menganalisa hidup Abdurraman bin Auf lewat 7 hal yaitu, keyakinan, strategi memilih jenis usaha, kualitas barang dan layanan (yang mengandalkan kejujuran), super team, kepemimpinan, sistem bisnis dan sedekah. Bagi saya buku ini unik, dan mengingatkan bahwa sukses memerlukan cara, dan sukses tidak selalu berkonotasi dunia melainkan juga surga.


5 comments:

Unknown said...

Assalamu'alaikum Pak Husni, maaf mau tanya, tempat jual bukunya mana ya? / gimana mendapatkannya ya? sy cari dibanyak toko buku belum dapat, terima kasih (fadlyalfasya2015@gmail.com)

Husni I. Pohan said...

wa alaykum salam, buku ini memang tidak dijual di pasar bebas, saya dapat langsung dari beliau saat memberikan ceramah di basement wisma metropolitan saat shalat lohor di bulan Ramadhan, beberapa tahun lalu. Kalau memang tertarik bisa ke tempat tinggal saya untuk di foto copy.

gugun said...

Aku minat jg Pak Husni, Kl boleh tau bapak tinggal dmn ya?

Husni I. Pohan said...

Saya tinggal di Bandung namun kerja di Jakarta, saya harus cari lagi tuh bukunya nyelip dimana, seharusnya ada di Bandung sih :)

Dani Wahyu said...


Menarik infonya, thanks you. Oiya ngomongin kaya, saya nemu artikel keren nih yang ngebahas tentang cara cerdas agar kaum milenial bisa kaya dalam waktu dekat. Cek di sini ya: Tips cerdas agar milenial bisa kaya dalam 5 tahun