Sunday, October 20, 2013

Melukis Pelangi - Oki Setiana Dewi

Awalnya saya tertarik membaca buku ini adalah karena melihat Oki sempat muncul beberapa kali bersama Felix Siauw di salah satu TV nasional. Beberapa episode kebetulan saya tonton, di antaranya adalah saat Oki mewawancarai Jerry D. Gray. Melihat style Oki yang luwes dan komunikatif saya jadi tertarik membaca buku ini.

Meski Oki sukses sebagai artis dan meraih Pendatang Baru Wanita Terbaik di tahun 2010 dari Indonesia Movie Awards serta film KCB yang dia bintangi  meraih lima penghargaan, namun saya justru belum pernah sama sekali menonton film-nya. Jadi keputusan saya membaca buku ini hanya karena tertarik melihat rekomendasi banyak orang atas karya Oki ini selain melihat sosok-nya sebagai pembawa acara.

Harus diakui, cara Oki menulis sih biasa saja, namun secara cerita, kisah hidupnya memang seru, persis seperti menaiki roller coaster kehidupan. Oki yang tidak lahir dikeluarga religius memutuskan "hijrah" menjadi muslimah sebenarnya saat Ibu-nya sakit, dan disupport lingkungan-nya di SMUN 1 Depok yang memang dimasa itu lebih terkesan sebagai pesantren. 



Oki yang kemauan-nya keras ternyata sudah menunjukkan hal tsb saat kecil dimana dia kabur dari pengawasan orang tua saat empat tahun, karena kesal tidak dibelikan boneka. Kali lain dia menantang tiga anak lelaki yang kelasnya lebih tinggi karena mengganggu adik-nya. 

Saat remaja, diusia 16 tahun dia ke Jakarta dan memutuskan tinggal sendirian. Oki yang bercita cita jadi artis,  harus turun naik kendaraan umum, lalu casting disana sini, ternyata tak jua meraih sukses. Ketika dia mengira akhir-nya bisa muncul disalah satu sinetron nasional, dan semua anggota keluarga berharap melihat penampilan-nya di TV justru kemudian hanya kaki-nya yang terlihat, dan ironis-nya hanya Oki yang tahu persis kalau kaki itu milik-nya.

Aneh-nya berbagai tawaran sebagai artis unik-nya justru datang saat dia sudah mengenakan jilbab, namun dia tetap bertahan, dan Allah membuktikan skenario yang lebih pas bagi-nya menjadi artis sekaligus prestasi dengan semua yang dia yakini termasuk dengan jilbab yang dia pilih sebagai bagian diri-nya.

Buku ini juga menarik, karena ada bagian tulisan yang justru ditulis Ibu kandung Oki, dan satu bagian berisi doa panjang lebar sebagai penutup. Semoga menjadi inspirasi bagi banyak muslimah lain-nya dan juga orang yang memiliki cita2 meski dengan fasilitas seada-nya.

No comments: