Thursday, October 24, 2013

To The Moon and Back

Gara2 dengar Savage Garden, sebuah band Australia di mobil istri, saya jadi ingat istilah "To The Moon and Back". Istilah ini sering dikaitkan dengan John F. Kennedy yang juga menjadi salah satu single di album perdana Savage Garden dan di rilis tahun 1996.

Bagaimana cerita mengenai Kennedy ? saat perang dingin dan terjadi perlombaan teknologi ruang angkasa. Soviet beberapa kali mengungguli Amerika, yakni saat mengirim pesawat ruang angkasa pertama, dan lalu saat menjadi negara yang melakukan misi pesawat ruang angkasa pertama yang menerbangkan mahluk hidup. Serta salah satu yang paling spektakuler yakni saat menerbangkan astronot pertama ke ruang angkasa yakni Yuri Gagarin di tahun 1961. Amerika yang tidak mau tinggal diam lalu melakukan percepatan riset dalam teknologi ruang angkasa.

Kennedy di bulan May 1961 lantas menyatakan "First, I believe that this nation should commit itself to achieving the goal, before this decade is out, of landing a man on the Moon and returning him safely to the Earth. No single space project in this period will be more impressive to mankind, or more important for the long-range exploration of space and none will be so difficult or expensive to accomplish". Hemm sebuah pernyataan yang sederhana namun sarat makna, yang membawa bangsa-nya meyakini sesuatu hal dan mau bersama sama mewujudkan-nya.



Kennedy membangun fasilitas besar2an dengan biaya "wah". Ketika kritik bertubi tubi di terima oleh Kennedy maka dia merespon-nya dengan datang ke lokasi. Alih2 pidato di depan semua petinggi pusat riset, Kennedy malah ke toilet dan bertanya pada seorang petugas cleaning services di sana. Pertanyaan-nya adalah apa yang kamu lakukan disini, si petugas menjawab membantu bangsa ini untuk melakukan misi perjalanan ke Bulan dan kembali. Kennedy tidak jadi pidato baginya statemen seorang level yang paling bawah sudah menunjukkan organisasi ini berjalan dengan baik. Sejarah kemudian membuktikan Amerika "berhasil" membuktikan lompatan pencapaian teknologi ruang angkasa (meski ada yang menuduh ini merupakan kebohongan).Makna kata "kembali" juga menunjukkan komitmen akan penyelesaian misi. 

Di Scholastic sebuah perusahaan buku anak2, eksekutifnya mengajak wartawan berkunjung ke bagian gudang. Di sana mereka secara random bertanya pada seorang operator forklift mengenai job desc-nya. Si operator menjawab "Tugas saya adalah agar anak2 senang membaca buku".

Dari kedua contoh diatas, terlihat bagaimana penting-nya membangun komunikasi yang membuat semua komponen perusahaan mengetahui apa tujuan mereka dalam bekerja.Saat ini kita sering mendengar betapa mudahnya pasangan bercerai, dan alasan klasik yang mereka gunakan adalah "komunikasi sudah tidak jalan". Hal ini mengingatkan saya akan kedua orang tua yang memang sering konflik, namun karena tujuan hidup mereka sama yakni agar keempat anak-nya menjadi orang berguna kelak, maka mereka memutuskan untuk terus melanjutkan penikahan mereka. Jadi mengkomunikasikan tujuan perusahaan bagi seluruh komponen adalah hal yang sangat penting bagi pencapaian perusahaan, dan dengan demikian menselaraskan perbedaan.   

Catatan
Penerbangan pertama "one way ticket" dengan mahluk hidup yakni seekor anjing cerdas bernama Laika dapat dilihat di
http://hipohan.blogspot.com/2012/07/laika-nya-nick-abadzis.html

2 comments:

Anonymous said...

Om, lama gak update artikelnya....

Husni I. Pohan said...

Iya nih, maklum lagi peak kerjaan kantor, mulai dari bikin OP2014, Least Estimated 2013, Pipeline 2014, plus kerjaan rutin :) thanks ya untuk perhatian-nya.