Sapi ungu
Dalam buku Bong Chandra “Unlimited Wealth”, dia menjelaskan soal Sapi Ungu, bayangkan kita sedang melihat lukisan ratusan sapi, kira2 sapi mana yang membuat kita tertarik ? Jika semua sapi mirip maka tidak seekor sapi pun yang akan kita lihat secara khusus. Tetapi jika ada seekor Sapi Ungu, diantara sapi sapi lain, maka tentu saja perhatian kita akan terbetot dengan sapi yang berbeda.
Perancis membuat perbedaan
Dalam buku 5 menara A. Fuadi, bercerita sbb; Sosok tokoh Alif memenangkan lomba spanduk, karena disaat yang lain menggunakan bahasa Inggris dan Arab, kelompok Alif justru menggunakan bahasa prancis.
“Nous Sommes la grande famille de la classe 1 B, Pondok Madani, Indonesie”
Cuci 24x7
Ketika Bong Chandra, membuat tempat pencucian mobil, untuk membuatnya berbeda dengan yang lain, maka Bong Chandra membuat usahanya berjalan sbb
- 24x7
- Jika hujan setelah dicuci boleh cuci gratis 1x.
Restoran “Ramai”
Dalam salah satu kolomnya di Majalah Tempo, Bondan Winarno menulis sbb; Salah seorang rekan-nya membuka bisnis restoran, tidak ingin mengambil resiko kalau2 selama berbulan bulan harus membayar sewa tempat, bayar gaji karyawan dan bahan baku tanpa kehadiran tamu yang sebenarnya, maka dia memutuskan tetangga disekitarnya mendapatkan makan siang gratis dengan syarat memarkirkan kendaraannya di depan restoran.
Situasi “penuh” ini memancing tamu yang sebenarnya datang, dan restoran tsb akhirnya sukses melanjutkan bisnisnya meskipun tanpa makan siang gratis setelahnya.
Kini giliran anda, jika anda punya warung Indomie, diantara 20 warung lainnya, strategi apa yang perlu anda buat untuk bisa menonjol ?. Akhir kata tampil beda, memang penting untuk menarik pelanggan saat pertama kali, akan tetapi kualitas lah yang menjaga agar pelanggan datang kembali.
No comments:
Post a Comment