Tuesday, April 14, 2015

Jalan-jalan ke Lombok Part #5 of 5 : Hari terakhir dan kembali pulang

Rabu, tanggal 4/7/2007, pagi hari kami keluar hotel dan menyusuri pantai kearah kanan, meski jarang masih ada beberapa hotel di sisi ini, salah satunya nampaknya milik group Blue Bird. Anak-anak bermain di pasir pantai dan lalu berenang. Suasana sangat tenang, hanya ada kami langit dan laut sepanjang mata memandang. Saat kembali pulang saya membeli miniatur perahu tradisional untuk melengkapi koleksi miniatur perahu kami dirumah.

Sebelum lupa, meski pantai depan hotel kurang asik karena banyak karang, namun dari pantai Qunci Villas  ini kita dapat menikmati keindahan Gunung Agung yang berdiri angkuh, dan kalau cuaca cerah terlihat jelas dengan puncak yang menjulang diselimuti awan. Begitu juga sunset terlihat dengan jelas di lokasi ini.

Siang hari kami ke pusat penjualan oleh-oleh khas Lombok, khususnya mutiara. Jangan berpikir kami membeli mutiara indah berharga mahal, sejujurnya saya dan istri bukan penggemar perhiasan, bagi kami mutiara cacat dan sempurna bahkan tidak ada bedanya. Setelah belanja berbagai mutiara, kami kembali makan siang di Ayam Taliwang, kali ini belajar dari pengalaman sebelumnya saya dan Si Sulung meminta pedas biasa saja.

Sore hari kami bersantai sambil menunggu sunset dan saya menyelesaikan novel Hario Kecik  “Badak Terakhir” yang memang asik sekali dibaca. Setelah maghrib, kami kembali makan di salah satu restoran di pusat keramaian Senggigi. Keesokan harinya Kamis, tanggal 5/7/2007 sekitar jam 13:00 kami akhirnya pulang dan kembali ke Bandung. Liburan yang nyaris gagal ini akhirnya diselamatkan sosok bernama Edie Sur. Entah dimana sekarang beliau berada, namun pada jalan-jalan kali ini saya belajar bahwa di lokasi-lokasi tertentu Tour Guide akan sangat memudahkan perjalanan kita.

Masih banyak tempat menarik yang belum sempat kami kunjungi seperti Hutan Kera di Pusuk, Danau Segara Anakan, Bukit Nipah (salah satu spot terbaik di Lombok)  dan tentu saja Gunung Rinjani. Khusus Gunung Rinjani, Edie Sur mengatakan saat itu diperlukan waktu tiga hari pulang dan pergi. Hal ini diakibatkan base camp yang bisa dicapai dengan mobil tidak berada di ketinggian sehingga untuk menuju puncak masih diperlukan waktu berjam-jam dengan berjalan kaki.  Lombok sama halnya dengan Bali yang merupakan Pulau vulkanik juga memiliki alam yang luar biasa dan sama sekali tidak kalah dengan Bali seperti tebing karang, laut, gunung, bukit, pantai yang semuanya benar-benar indah. Namun jika yang anda cari adalah budaya setempat khususnya kesenian, Bali akan menjadi destinasi yang lebih menarik.