Monday, June 24, 2013

7 Keajaiban Rezeki - Ippho Santosa


Buku Ippho sudah lama sekali saya lihat, namun anehnya masih belum tergerak untuk membeli-nya, karena cover-nya yang mirip2 terkesan buku-nya sama semua, padahal judul-nya jelas2 berbeda. Karena cukup sering lihat, akhirnya tergoda juga untuk membeli salah satu buku Ippho, namun yang mana ? saya tercenung depan mesin pencari Gramedia, dan lantas minta tolong salah satu petugas disana, maka dia menyarankan untuk 7KR saja, ingat 7KR ya dan bukan CR7.

Lalu mulai saya baca, hemm ajaib juga, cara-nya menulis mengingatkan saya akan gaya Bong Chandra, jadi mirip percakapan yang ditulis,  namun sense of humour-nya Ippho lebih kental.  Kemudian studi kasus dan lagi2 studi kasus, yang nyaris semuanya dari kasus nyata, meski sambil bercanda Ippho bahkan mengklaim meski Robert Kiyosaki sekalipun belum bisa membuat korelasi otak kanan dan otak kiri terkait perilaku Rich Dad dan Poor Dad. Begitu juga Al Ries diledek oleh Ippho mengenai analisa-nya atas kesalahan manajemen saat ini yang terlalu berpikir kiri, padahal Ippho sudah mengangkat soal ini sejak 2006.




Selain dengan teori para pakar luar, Ippho juga mengeksplorasi Al Qur’an, dan membuka mata kita kembali bahwa Nabi Muhammad dan sahabat2nya adalah pengusaha, lantas kenapa saat ini umat Islam jauh atau bahkan menghindar dari perdagangan ? Ippho juga mengingatkan kata2 Nabi mengenai mulailah dengan kanan, yang semestinya dilihat juga dari kedua fungsi otak, buat mimpi dengan otak kanan lalu eksekusi dengan otak kiri.

Ippho juga dengan “cuek”-nya memberi nama2 unik dan terkesan orisinil, di setiap bab. Seperti Sidik Jari Kemenangan, Sepasang Bidadari, Golongan Kanan, Simpul Perdagangan, Perisai Langit, Pembeda Abadi, dan Pelangi Ikhtiar. Namun Ippho mengakui bahwa sebenar-nya salah satu inspirasi terbesar-nya adalah Al Quran.

Ippho juga cukup banyak mengutip Al Quran, termasuk dari sisi khusus, misalnya matematika keseimbangan antonim seperti sbb;

Kata “Hidup” muncul 145x sama dengan kata “Mati”.
Kata “Manfaat” muncul 50x sama dengan kata “Mudarat”.
Kata “Panas” muncul 4x sama dengan kata “Dingin”
Kata “Kebajikan” muncul 167x sama dengan kata “Keburukan”
dll

Atau keseimbangan sinonim seperti sbb;

Kata “Membajak” muncul 14x sama dengan kata “Bertani”.
Kata “Bangga Diri” 27x sama dengan kata “Angkuh”.
Kata “Akal” 49x sama dengan kata “Cahaya”
dll


Atau keseimbangan khusus sbb;

Kata "Al Quran" muncul 70x, sama dengan kata “Wahyu” dan kata “Islam”.
Kata “Infaq” muncul 73x sama dengan kata “Kerelaan”.
Kata “Hari” dalam bentuk tunggal muncul sebanyak hari dalam setahun 365x
Kata “Hari” dalam bentuk jamak/bulan muncul sebanyak hari dalam sebulan 30x.
Kata “Bulan” muncul 12x sebanyak bulan dalam setahun.
Kata “Laut” muncul 32x, Kata “Darat” muncul 13x, unik-nya sama dengan rasio luas lautan dan darat yang kita kenal saat ini yakni 71,1% : 28,8%.
dll


Ippho juga mengingatkan bahwa teori Relativitas, Big Bang, Expanding Universe, Copernicus, Lapisan Atmosfir, Asal Muasal Besi (Fe), Penciptaan Hujan, Perilaku Lebah, Tahap Penciptaan Manusia, dan banyak lain-nya semua tertulis dalam Al Quran.  Dengan keyakinan bahwa Al Quran adalah perkataan Tuhan, maka Ippho selalu berusaha mencari jawaban dari-nya.  Hemm benar2 buku yang tipis namun sangat menarik.

Review ini saya tutup dengan kutipan dari buku ini sbb;

Sang pemenang adalah sang pembelajar
Guru yang baik adalah pembelajar yang baik
Pemimpin yang baik adalah pengikut yang baik
Penulis yang baik adalah pembaca yang baik
Pembicara yang baik adalah pendengar yang baik
Jika anda teachable, maka anda akan unstoppable
Jika anda berkeringat dalam latihan, maka anda tidak berdarah dalam pertempuran

No comments: