Thursday, October 01, 2015

Kenangan Soal Mobil Part #1 dari 9 : Melintas Sesaat di Jalan Kehidupan


Bagi saya mobil bukanlah sekedar barang mati, namun bagaikan anggota keluarga yang menemani saat mengarungi pasang surut kehidupan. Selalu ada kenangan pada setiap mobil yang pernah singgah dalam perjalanan hidup saya dan keluarga.  Secara umum sejak mulai menggunakan mobil di tahun 1990, sudah ada 25 mobil yang pernah menjadi "anggota keluarga".

Beberapa mobil berpisah dengan menyisakan airmata khususnya pada Si Bungsu, seperti saat kami melepas Mitsubishi Kuda, begitu juga saat berpisah dengan Suzuki Karimun, Si Imut merah nan lincah yang menjadi kendaraan anak-anak bertahun tahun. Salah satu yang sangat berat saat dilepas adalah All New KIA Sportage, mobil dengan desain sangat cantik menurut saya dan istri. Namun sebagian dilepas dengan penuh kelegaan, yakni Peugeot 405 SR yang “merampas” nyaris seluruh gaji saya saat menangani proyek di PT Timah, atau Picanto Cosmo yang sempat mengalami kecelakaan.

Bagi saya mahal atau murahnya mobil atau harga jual kembali, tidaklah penting, selama nyaman dikendarai, enak dilihat, mudah dirawat bagi saya cukup. Bahwa kadang-kadang saya “tertipu” dan tidak mendapatkan unit yang sesuai yang itu bagian dari perjalanan menemukan “pasangan” ideal.



Berikut data statistik dari ke 25 mobil sbb;

  • Ternyata Suzuki (6) meraih posisi jumlah terbesar, disusul KIA (4), Mitsubishi (3), VW (3), Toyota (3),  Daihatsu (2), Nissan (2), Fiat (1)  dan Peugeot (1).
  • Mobil tertua adalah VW Beetle 1966, sedangkan termuda adalah KIA Rio (w/ sunroof) (2018).
  • Dimensi sekaligus cc Terbesar adalah Mitsubishi Pajero dan All New Nissan X Trail dengan 2500 cc, sedangkan dimensi terkecil sekaligus cc terkecil yakni 1000 cc Suzuki Karimun.
  • Secara warna warna, White (4 ) dan Red (4) meraih jumlah terbanyak lalu Black (3), Purple (3), Blue (3), Silver (2), Titanium (2), Gray (2), Green (1), dan Orange (1).
  • Mobil yang dibeli dari baru ada 11 dari total 25, yaitu Toyota Avanza, Suzuki SX4 Sedan, Daihatsu Terios Adventure,  Daihatsu Terios TX, Kia Sportage, KIA Picanto Cosmo, All New Picanto, Mitsubishi Pajero, All New Nissan X Trail, Nissan New Grand Livina X Gear dan KIA Rio. 
  • Mobil yang paling banyak peminatnya saat dijual adalah Fiat Uno II dan yang sangat sedikit peminatnya adalah Peogeot 405 SR. Namun All New Kia Sportage juga mencatat rekor penjualan 1x iklan dipasang dan langsung laku. 
  • Mobil yang paling lama dipakai adalah Toyota Avanza, KIA All New Sportage dan KIA All New Picanto yang nyaris 6 tahun, sedangkan paling singkat adalah Peugeot 405 SR, hanya 7 bulan. 
  • Mobil paling memuaskan bagi saya adalah KIA All New Sportage, KIA All New Picanto, Mitsubishi Pajero, All New Nissan X Trail, KIA All New Rio dan Suzuki SX4 Sedan, sedangkan yang paling tidak memuaskan adalah Peugeot 405 SR karena seringnya rusak, dan Suzuki Katana GX karena suspensi yang luar biasa keras. 
Apakah hanya mobil2 ini saja yang berkesan ?, sebenarnya sih tidak, saya juga memiliki kesan khusus terhadap mobil Datsun pickup (yang sempat saya pakai dan mengalami rem blong di turunan Awiligar) dan Toyota Hi Ace Diesel milik orang tua dulu, lalu Daihatsu Charade, Suzuki Carry Extra dan  Daihatsu Taft milik mertua. 



No comments: