Thursday, February 11, 2016

Suka Duka Apartemen Part #2 dari 6 : Poin-poin Apa Yang Perlu Perhatian Ekstra

Luas Unit. 

Luas unit ada dua macam, gross dan nett, kadang pengembang nakal tidak menjelaskan soal gross dan nett, lantas saat kita sudah membeli ternyata luasnya tidak sesuai dengan yang kita bayangkan, apalagi kalau ada beberapa tiang apartemen tegak berdiri dalam unit kita. Dan seringnya kita diminta membayar Service Charge (kadang disebut juga dengan IPL, alias Iuran Pemeliharaan Lingkungan) mengacu pada luas gross dan bukan nett. Itu sebabnya kita perlu benar-benar jelas soal luas ini.  

Fasilitas. 

Saat sales menjelaskan kadang mereka mengatakan bahwa setiap unit memiliki satu slot untuk kendaraan, namun peraturan pemprov saat ini, justru kapasitas parkir lebih kecil dari jumlah unit. Dan diluar Service Charge selain air dan listrik ini adalah komponen yang juga harus kita bayar. Jadi untuk setiap janji sales, mintalah bukti tertulis dengan ditanda tangani oleh perwakilan pengembang, kalau cuma di tanda tangani oleh Sales Leader/Coordinator anda harus hati-hati karena kadang developer menyewa pihak ketiga khusus untuk sales dan marketing. Saat semua unit terjual, maka bisa jadi anda tak pernah lagi bisa mengontak sales tersebut. 

Arah unit. 

Pastikan anda tahu kemana unit anda mengarah, pengalaman saya ada yang menghadap gerbang tol dan cukup bising saat malam apalagi kalau ada ban meletus, bahkan kaca bisa ikut bergetar. Atau ada yang mengarah ke sungai berair coklat dengan pemukiman kumuh di sepanjang aliran sungai, atau malah mengarah ke tembok bangunan di sebelahnya. 




Secara umum yang saya alami mengenai seluruh fasilitas dijanjikan sbb;


  • WiFi : Ada dalam brosur namun baru direalisasikan setelah 2 tahun 
  • Fitness : Ada dalam brosur namun baru direalisasikan setelah 2 tahun.
  • Playground : Ada dalam brosur namun baru direalisasikan setelah 2 tahun
  • CCTV : Ada dalam brosur namun baru direalisasikan setelah 2 tahun, itupun cuma satu per lantai, satu dalam setiap lift dan satu disetiap ruang tunggu lift di basement. 
  • Petugas Front Office : Baru direalisasikans etelah 2 tahun, itupun hanya weekday pada working hours
  • Air Terjun di Kolam : Tidak jadi direalisasikan 
  • Fasilitas parkir : beberapa sales menjanjikan 1 slot untuk setiap unit, namun ternyata untuk 620 unit hanya ada sekitar 170 slot, sehingga diatas jam 22:00 sangat sulit mencari slot kosong. 


No comments: