Thursday, February 11, 2016

Suka Duka Apartemen Part #6 dari 6 : Lain-Lain Sekaligus Penutup

Sebagai Pemilik Unit seharusnya kita berhak tergabung dalam PPRS alias Perhimpunan Penghuni Rumah Susun, sayangnya organisasi ini sering menjadi ladang bisnis pengembang. Pegembang mengelola apartemen dan melakukan penagihan dengan basis perhitungan yang tidak transparan, menyewa security, kerjasama dengan Bank dalam membuat outlet ATM, mengelola parkir dan cleaning services serta memperkerjakan staff administrasi dan petugas perawatan fasilitas. 

Situasi ini kadang memunculkan keributan antara pemilik unit yang sebenarnya lebih berhak melawan Building Management dan pengembang. Dalam hal ini dibutuhkan komunitas penghuni yang solid dan bisa menekan PPRS versi pengembang agar fokus pada layanan pada pemilik unit dan bukan semata-mata demi bisnis. Bagaimana caranya ? kmonitas penghuni bisa menekan dengan menyampaikan tuntutan lalu misalnya menunda pembayaran service charge, dll. 



Namun tidak selalu PPRS ini untung, kadang penghuni yang sebenarnya investor membeli beberapa, belasan atau bahkan puluhan unit. Lantas membiarkan unit-unit ini tidur bertahun tahun tanpa mau membayar abonemen listrik, abonemen air dan juga service charge, Dalam situasi seperti ini, Building Management bisa mengalami problem cash flow, karena dana yang masuk dari penghuni / pemilik aktif sifatnya terbatas. 

Sebagai penghuni anda juga berhak untuk menanyakan laporan pest control, bagaimana pengelolaan sampah dilakukan, kapan jendela luar anda dibersihkan, laporan perawatan lift, pembersihan tangki air, dll. Bahkan kita juga seharusnya berhak menanyakan apakah Building Maagement menjalankan Fire Drilling, dan apakah semua APR atau Alat Pemadam Api Ringan beserta semua selang dan sensor api juga Assembly Point alias Titik Kumpul teruji secara maksimal dan dicek secara rutin. Jangan menunggu sampai kasus-kasus seperti lift jatuh dengan korban tewas terjadi di apartemen anda. 

Demikian catatan singkat saya, semoga bermanfaat dan memberikan gambaran menyeluruh mengenai suka dan duka tinggal di apartemen. 





2 comments:

yudhistya said...

banyak dukanya ya daripada sukanya

Husni I. Pohan said...

He he terkesan seperti itu ya, sebenarnya sih kelebihan utama apartemen ya lokasi, yang lainnya fasilitas umum seperti kolam renang, fitness, security 24 jam, cuma kalau untuk keluarga jelas landed property lebih menarik.