Thursday, September 14, 2017

Jelajah Cirebon Part #8 dari 9 : Kuliner Seafood Haji Moel dan Kuliner Klapa Manis Resto


Sorenya kami berenang sepuasnya dan kesempatan juga bagi saya mengajar keponakan paling kecil berenang. Setelah shalat maghrib kami pun bersiap siap kembali ke Cirebon untuk mengunjungi Haji Moel di Jalan Kalibaru Selatan, sekitar 10 km dari Alamanis Resort, yang bisa dicapai dalam waktu sekitar 30 menit.

Disini kami memesan 1 porsi Cumi Tepung, 6 porsi Nasi Putih, 1 porsi Kerang Rebus, 1 porsi Kangkung Ca, 1 porsi Ikan Kue Bakar, 1 porsi Kepiting Telor Asin, 1 porsi Kepiting Goreng Saos Padang,  2 Alpukat, 2 Teh Botol, 1 Jus Sirsak,  1 Juice Strobery dan 1 Es Teh Manis. Total biaya yang kami keluarkan cukup mahal dibanding restoran-restoran sebelumnya yakni Rp. 619.500 yang sepertinya diakibatkan 2 porsi Kepiting yang merupakan setengah dari total harga. Sayang saya keasikan makan karena capai berenang malah lupa mengabdikan penampakan berbagai hidangan di Haji Moel. 

Kamipun meninggalkan Haji Moel dengan perut kenyang. Namun istri mengingatkan alangkah baiknya kami singgah sebentar di Resto Klapa Manis, salah satu yang disebut-sebut dalam berbagai blog perjalanan di Cirebon, karena pemandangannya di waktu malam ke arah Cirebon termasuk ke garis pantainya dan juga arsitekturnya yang menarik.

Saat kami tiba, terlihat parkiran cukup penuh, nampak beberapa Polisi Militer langsung menyambut kemudian membimbing serta dan menyiapkan lahan parkir khusus bagi kami. Aneh juga karena ada banyak pejabat Polisi Militer yang ikut menyambut, namun wajah mereka terlihat ragu saat kami turun dari mobil. Beberapa saat kemudian nampak mobil yang persis dengan kami baik, merk maupun warna mendekat, sepertinya para Polisi Militer ini salah menyambut. Hemm enak juga sekali-sekali menjadi pejabat penting.








Disini kami tidak makan berat, melainkan menikmati 1 porsi Kentang Goreng, 1 porsi Sosis Goreng,  2 porsi Stick Peuyeum, 1 Bandrek Kelapa, 1 Milk Chocolate, 1 Es Teh Manis, 1 Teh Poci Gula Batu, dan 1 Teh Tarik sambil menikmati pemandangan ribuan lampu jauh dibawah sana. Minum Teh Poci panas-panas sambil sesekali mengunyah Stick Peyeum dan melayangkan pandangan ke bawah sana memberikan perasaan relaksasi tertentu. Untuk Cirebon yang tidak banyak memiliki bukit, lokasi seperti ini pastilah sangat istimewa, namun kalau kita bandingkan dengan Bandung, yang lebih banyak memiliki dataran tinggi, sebenarnya apa yang disuguhkan Klapa Manis terhitung biasa. 

Sebenarnya ingin juga mencicipi Nasi Liwet Klapa Manis yang konon kabarnya istimewa, namun perut sudah tak lagi memungkinkan untuk diisi, belum lagi rasa kantuk yang semakin kuat akibat berenang sepanjang sore. 


No comments: