Thursday, September 21, 2017

Pentingnya Partai Penguasa Merangkul Kaum Agama

Kenapa ada kesan partai terlarang yang jelas2 memusuhi agama menjadi hidup lagi kini ? saya kira karena salah satunya lewat usulan2 atau pidato representasi partai penguasa serta pengakuan terang-terangan politisi partai penguasa akan kebanggaan sebagai keturunan aktivis partai terlarang seperti link2 dibawah ini. 


Bagi saya sebagai paham, komunisme mungkin tidak akan kembali seiring dengan merebaknya kapitalisme di China dan Rusia. Satu-satunya yang masih mencoba setia hanyalah Korea Utara. Namun jika konteksnya balas dendam, melalui keputusan-keputusan politis tentu saja masih sangat mungkin terjadi. Saat Kroasia dan Serbia membantai dan melakukan perkosaan massal pada Bosnia salah satu contoh bagaimana dendam (pada representasi Turki) dapat diwujudkan lewat politikus garis keras yang menguasai perpolitikan di Serbia dan Kroasia, meski pendudukan Turki sudah terjadi sekian ratus tahun sebelumnya. 

Jadi jika tidak ingin ada dugaan macam-macam ya, partai penguasa harus merangkul komunitas agama, bukan kah sila kesatu Pancasila berbunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa" ? Demikian renungan sepintas setelah acara ILC kemarin malam, juga dipicu pertanyaan teman apakah  partai terlarang tersebut dapat kembali. 

No comments: