Thursday, August 27, 2020

Apakah covid-19 itu benar2 ada ?

Saat situasi seperti ini, selain urusan klinik, belum tentu saya keluar untuk urusan2 yang masih bisa ditunda. Kalaupun harus keluar ya karena belanja logistik, mengurus stnk yang akan berakhir, mencari APD, atau mengunjungi ibu yang masih tak jua pulih paska stroke. Itupun sebulan maksimal hanya 3x dan benar2 jaga physical distancing. Urusan mengajar, sejauh ini masih  diselesaikan via vid-con, bahkan termasuk praktikum web programming. 

Karena asuransi ambulans akan berakhir, dan bagian bawah pintunya sempat terkena batu saat memasuki jalan sempit dan curam, saya pun pergi ke bengkel bodi langganan sekitar Kiaracondong. Sepanjang jalan terlihat ramai, dan setidaknya per 10 orang, bisa dipastikan 2 sd 3 orang pengendara motor tak gunakan masker. 

Sesampai di bengkel, kaget melihat semua pekerja  tak ada satupun yang gunakan masker. Lebih kaget lagi saat asisten pemilik bengkel dengan polos bertanya, "kok pakai masker dan sarung tangan pak, apakah covid-19 tsb benar2 ada ?".

Jika kesadaran masyarakat seperti ini, malang nian nasib pekerja medis, nyawa mereka dipertaruhkan setiap hari, krn kurva wabah ini seakan-akan tak selesai2, bahkan seakan dibaca sebagai kebalikannya.



No comments: