Sunday, August 14, 2011

Spirit Bruce Lee - Andri Wongso

Learning is constant process of discovery, a process without end.

Jika tahun 2011 ini beliau masih hidup, maka usianya paling tidak sudah 70 tahun. Tetapi dia sudah meninggalkan kita 38 tahun yang lalu di usia 32 tahun. Meski bintang2 baru bermunculan seperti Jackie Chan, Jet Li ataupun Donnie Yen, nama Bruce Lee tetap tidak bisa disisihkan.




Knowing is not enough, you must apply, willing is not enough, you must do.

Jackie Chen : "Bruce Lee memang hebat, saya tidak pernah berpikir dapat mengalahkan dia dalam satu perkelahian dan saya tidak bodoh untuk mencobanya. Ketika pembuatan Enter The Dragon, Bruce menendang muka saya hingga jatuh dan tak bisa bergerak, tetapi dia menghampiri saya dan minta maaf karena tidak bermaksud membuat saya cedera. Walau dia bintang besar tetapi kerendah hatiannya menyentuh semua orang. Orang seperti dia akan selalu diingat karena karakter, semangat dan prestasinya".




Our grand business is not to see what lies dimly at distance, but to do what lies clearly at hand.
Jet Li : "Bruce Lee adalah master bela diri kungfu yang mumpuni, autentik, asli. Demikian juga dengan filosofinya, gerakannya, mental dan fisiknya, sangat mengagumkan. Saya penggemarnya dan film-nya sangat menginspirasi saya".





I create opportunities
Donnie Yen : "Bruce lahir mendahului zaman-nya, dia figur orang China terbesar dalam bidang film, melebihi para aktor lainnya. Dia inspirator, tak ada yang mendekati kehebatannya, dan sulit membayangkan ada yang sanggup menyamainya".




I fear not the man who has practices 10.000 kicks once, but I fear the man who had practices one kick 10.000 times

Nama asli-nya adalah Lee Jun Fan, orangtuanya Lee Hoi Chuen dan Grace Lee (keturunan Jerman – Asia). Lahir di San Fransisco, anak keempat dari lima bersaudara. Karena lahir di tahun naga dan pada jam naga, dia mendapat julukan Li Xiao Long atau Naga Kecil. Ketika kecil sakit2an, akan tetapi dengan latihan fisik yang luar biasa dia mempunyai tingkat kebugaran yang khusus. Sangat suka membaca dan memiliki ribuan koleksi buku. Bahkan sambil berlatih dengan satu tangan, tangan yang lain digunakan untuk membaca buku.

Use only that which works, and take it from any place you can find.

Tahun 1941, saat masih berumur 3 bulan, keluarga Bruce Lee pindah ke Hong Kong. Gurunya bernama Yip Man, yang mengajarkan ilmu beladiri tradisional Wing Chun di tahun 1954. 1959 Kembali seorang diri ke Amerika untuk menuntut ilmu. 

Make at least one definite move daily toward your goal. 

Sekembalinya ke Amerika, Bruce Lee semakin dikenal dengan film2-nya sbb; The Big Boss (1971), Fist of Fury (1972), Way of The Dragon (1972), Enter The Dragon (1972), dan Game of Death (1973). The change is from inner to outer.




We start by dissolving our attitude not by altering outer conditions.

Bruce Lee juga menciptakan banyak hal seperti Jeet Kune Do, teknik pukulan 1 inch, tendangan beruntun, teknik double stick, teknik melatih otot sayap. 




Those who are unaware the are walking in darkness will never seek the light.

Bruce Lee juga seorang yang puitis, Sebagaimana kata2 yang dia sampaikan pada calon istrinya sbb "Cinta bagai persahabatan yang terperangkap dalam api. Pada mulanya adalah nyala yang besar, panas, dan berkedip. Begitu cinta semakin matang, demikian juga hati, dan menjadi seperti batu bara, terbakar lama dan tak dapat dipadamkan". Bruce mempunyai seorang anak yaitu Brandon Lee, mengikuti jejak ayahnya, dan juga meninggal secara misterius dalam salah satu film-nya. 





Do not pray for an easy life, pray for the strength to endure a difficult one

Kematian Bruce Lee adalah misteri yang tidak pernah terungkap. Mati di puncak karir. Dan tetap dikenang sebagai Bintang Film, Ahli bela diri, Filsuf, Sutradara, Guru dan Penulis.


Silahkan lihat demonstrasi Bruce Lee di link berikut https://www.youtube.com/watch?v=Sdv_9MhOSoI

No comments: