Friday, December 30, 2016

Jelajah Banda Aceh dan Sumatera Utara : Part #5 dari 14 : Selamat Jalan Pulau Weh dan Selamat Datang Banda Aceh


Sebelum ke Anoi Itam Resort, Bang Romi minta waktu menyiapkan sertifikat Kilometer 0 bagi kami berempat, dan sambil menunggu di salah satu persimpangan di Kota Sabang, anak-anak yang sudah kangen dengan Bandung, saya belikan Roti Bakar Bandung yang ternyata memang dikelola seorang perantauan asal Cibiru.  Senang juga berbicara dengan bahasa Sunda dengan para perantau tangguh ini.

Setelah Subuh saya bergegas kembali ke gazebo dipinggir laut, sayang matahari pagi tidak muncul karena tebalnya awan, namun saya sempat menangkap momen pagi ini dengan menjadikan pagar sebagai pengganti tripod.




Sekitar Jam 08:00 pagi tepat kami langsung menuju Pelabuhan Balohan, menempuh sekitar 16 km dengan jalan memutar. Nampak sapi berkeliaran di jalan, seperti biasanya sapi-sapi disini memang dibiarkan berkeliaran, kadang tidak hanya satu, bahkan satu keluarga sapi bisa saja berdiri di tengah jalan di malam hari dengan tampang tanpa dosa. Bang Romi mengatakan, seandainya tertabrak pun, pemilik sapi biasanya tidak akan menuntut, karena kuatir harus mengganti kerusakan mobil akibat membiarkan sapi berkeliaran.  


Sebagai kenang-kenangan Bang Romi membantu kami mengurus sertifikat "Kilometer 0 Indonesia", dengan di tanda tangani Walikota Sabang, yakni Zulkifli H. Adam. Hemm menarik juga cara yang dilakukan Sabang dalam melayani wisatawan sudah jauh-jauh datang. 



Apakah sudah semua obyek wisata di Pulau Weh kami kunjungi ? jelas tidak, berikut ini destinasi wisata yang sempat kami kunjungi di sekitar Pulau Weh

Rubiah Sea Garden.
Balohan Port.
Tugu Kilometer 0.
Rubiah Island.
Iboih Beach.
Gapang Beach.
Anoi Itam Beach.
Aneuk Laot Lake.
Sumur Tiga Beach.
Bukit Pulau Klah. 
Monumen Sabang Merauke.
Monumen I Love Sabang.
Kencana Cafe – Aneka Hidangan Sabang.
Murah Raya Cafe – Ikan Bakar Sabang.

Dan berikut yang tidak sempat dikunjungi

Japanesse Fortress, Hidro Termal, Monkey Area, Pasir Putih Beach, Pria Laot Waterfall, Keunekai Hot Spring, Jaboi Volcano, dan Pulau Rondo. 

No comments: