Wednesday, February 05, 2014

Inspirasi Dari Arvan Pradiansyah Dengan 7 Law of Happiness @Work Part #3 of 6

Orang orang sering melupakan What We Think Leads What We Feel padahal sesuai penelitian 70 sd 75% orang yang ke dokter, masalah utama nya ternyata psikis dan bukan fisik, yang menjadi sumber utama penyakit, dan ini jauh lebih berbahaya. Makanan ke mulut sering kita seleksi, namun apa yang masuk ke  pikiran sering tidak kita saring. Penelitian juga menyebutkan setiap hari kita memikirkan 150 ribu hal, dan jika tidak kita saring 60% nya merupakan pikiran negatif.

Dalam sebuah riset, dua wanita kembar, di stimulasi dgn musik dan film berbeda, lalu bacaan berbeda, lalu diminta berbelanja. Yang satu belanja dengan gembira yang satu tak ingin membeli apapun dan menjadi melankolis. Yang satu bahkan membelikan kembaran yang lain hadiah, artinya memberikan kebahagiaan bagi orang lain yang membuktikan kebahagiaan bisa menular. Nah apa rumusan yang jabarkan oleh AP,

1. Intrapersonal relation, mulailah  dengan bahagia pada diri sendiri melaui tiga hal yakni

  • a. Patience (sabar)
  • b. Gratitude (syukur) dan
  • c. Simplicity (cara kita melihat dunia).

2. Interpersonal relation

  • a. Love (kasih, karena para Nabi mengatakan belum beriman seseorang sebelum mengasihi orang lain), *
  • b. Giving (memberi)
  • c. Forgiveness (memaafkan alias pemberian yang paling sulit dilakukan)

3. Relation with God

  • a. Surrender (semakin kuat iman semakin sedikit yang dikuatirkan dan sebaliknya)
Dan digambarkan dalam bentuk seperti ini



* Nampaknya Arvan Pradiansyah mengutip ini dari “Demi Allah yang jiwaku ada ditangan-Nya, tidak dikatakan beriman seorang hamba hingga ia mencintai TETANGGA atau SAUDARANYA seperti mencintai dirinya sendiri.” (Hadist Riwayat Muslim)
 

No comments: