Tuesday, January 14, 2020

Kolam Yang Mengering


Supaya klinik nyaman, di halaman belakang kami (saya dan istri) buatkan mushalla dengan dinding kaca. Dikelilingi taman, rerumputan, batu hias dan kolam ikan. Terlihat asri dan sejuk, manakala pasien menyempatkan diri untuk shalat.

Namun hanya sebentar terlihat indah, lalu anak2 pasien menceburkan diri di kolam, mengaduk dan menangkap ikan, dan sebagian lainnya layaknya gerombolan orc dalam trilogi LOTR karya Tolkien, melempari ikan dengan batu2 hias di sekeliling kolam, bahkan menghempaskan batu yang agak besar dan melumatkan si ikan dalam genangan darah.

Jadi ingat kisah eksperimen sosial pada anak2 Indonesia dan Jepang usia balita. Sekumpulan anak diberikan beberapa jenis mainan yang disengaja dengan jumlah terbatas. Anak2 Jepang langsung membentuk antrian disetiap mainan yang mereka inginkan, dan dengan sabar menunggu giliran. Anak2 Indonesia berebutan, saling tarik menarik, dan yang tak kebagian akhirnya menangis meraung-raung.

Begitulah akhirnya sudah 2 bulan ini kolam ikan pun mengering, istri ingin ditimbun saja, sementara saya masih ingin kolam ikan tetap ada disitu, sambil berharap anak Indonesia kelak bisa berubah.

No comments: