Wednesday, April 24, 2013

Apakah Anda Psikopat ?

Menurut The Sun, berdasarkan penelitian di Cambridge University, 1 diantara 100 orang mempunyai kecenderungan psikopat. Dalam film2 laris cukup banyak penggambaran tokoh psikopat. Anda mungkin masih ingat tokoh Hannibal Lecter yang diperankan dengan "cantik" oleh Anthony Hopkins. Selain tokoh ini, ada juga tokoh Norman Bates dalam film Alfred Hitchcock yang dimainkan oleh Anthony Perkins. Selain itu ada tokoh Leatherface dari Texas Chainsaw Massacres dan Freddy Krueger dari Nightmare On Elm Street.

Dalam kisah nyata cukup banyak juga aksi teror yang dilakukan oleh psikopat. Salah satu yang paling terkenal sepanjang masa adalah Jack The Ripper, yang sampai saat ini masih belum jelas siapa pelaku-nya, meski diduga kuat memiliki kecenderungan rasial.

Karakter psikopat biasa-nya, tidak mengenal takut, tidak masalah bagi mereka jika harus melanggar aturan, tidak sabar, dan lain lain. Mereka juga umum-nya bukan orang yang gampang panik, dan mampu tetap tenang serta focus meski dalam kondisi menekan.

Berikut ini ada test untuk menguji seberapa psikopat anda dengan perhitungan nilai sbb;

0 jika sangat tidak setuju
1 jika tidak setuju
2 jika setuju
3 jika sangat setuju


--- awal test
 
1.Saya tidak suka rencana, saya lebih suka spontanitas (0 1 2 3).
2.Menurut saya selingkuh tidak apa2 selama tidak ketahuan (0 1 2 3).
3.Bila ada yang lebih baik, tidak masalah bagi saya untuk membatalkan kesepakatan sebelum nya (0 1 2 3).
4.Melihat binatang yang terluka tak pernah membuat saya iba (0 1 2 3).
5.Saya suka kebut2an, rollercoaster, dan hal2 yang menimbulkan adrenaline (0 1 2 3).
6.Tidak masalah bagi saya harus melangkahi orang lain, untuk meraih apa yang saya inginkan (0 1 2 3).
7. Saya ahli dalam membujuk agar orang lain melakukan apa yang saya inginkan (0 1 2 3).
8. Saya cocok mengerjakan pekerjaan berbahaya, karena saya orang yang dapat berpikir dan bertindak cepat  (0 1 2 3).
9. Dalam situasi dimana banyak orang tertekan, saya justru dapat tetap tenang (0 1 2 3).
10. Jika saya menghancurkan seseorang, itu artinya mereka memang layak menerima-nya (0 1 2 3).

 
--- akhir test

Jumlahkan skor anda, lalu bandingkan dengan hasil berikut

0-10 : Rendah.
11-15 : Di bawah rata2.
16-20 : Rata-rata.
21-25 : Tinggi.
26-30 : Sangat tinggi.


Meski skor anda sangat tinggi, ini belum tentu mengindikasikan anda seorang psikopat, dibutuhkan test tambahan dan interview untuk memastikan-nya, namun secara kecenderungan, bisa dikatakan anda potensil memiliki-nya. Sukurlah nilai saya kurang lebih cuma 11.
 

No comments: