Tuesday, January 14, 2020

Transaksi yang Tak Pernah Sampai.

Akhir minggu, tanggal 28/11/2019 pasien klinik membayar via EDC permata menggunakan kartu debet BCA. Begitu selesai memasukkan PIN, sinyal sepertinya drop, bukti transaksi tak bisa dicetak, dan muncul status tunggu di mesin EDC.

EDC terpaksa direstart namun slip transaksi tetap tak bisa dicetak. Lalu pasien menunjukkan mutasi rekening yang mana posisi saldonya sudah berkurang. Sehingga kasir menganggap proses selesai. Namun saat settlement menjelang klinik tutup, pembayaran terakhir tsb tidak muncul.

Saya kontak call center Permata, menurut mereka, Permata posisinya menunggu krn jika struk tak bisa dicetak, dan transaksi tidak muncul di rekap settlement artinya transaksi gagal. Lalu saya minta tolong pasien yang berbaik hati bertemu CustServices BCA awal minggu berikutnya. Bukti mutasi harian dicetak, dan confirmed rekening pasien sudah berkurang tanpa adanya transaksi koreksi sehingga BCA menganggap pembayaran sudah close.

Karena pembayaran masih belum juga masuk Permata, saya inisiatif call ke BCA, namun ditolak krn harus pemilik rekening yang lapor sendiri. Lalu pagi ini saya call kembali pasien, dia menunjukkan transkasi sd hari ini dimana tetap tak ada transaksi koreksi. Alhasil masalah ini mengambang, dan uang pembayaran menggantung entah dimana. Terkunci dengan situasi sbb:

1. Permata menolak krn posisi sebagai destinasi cukup menunggu.
2. BCA menolak pelaporan saya, krn bukan pasien pemilik akun.
3. Pasien keberatan harus bikin laporan lagi krn sudah ke BCA dan menurutnya BCA menganggap transaksi sudah selesai sebagaimana printout mutasi.

Ada yang tahu bagaimana selesaikan masalah ini ? Apakah hal2 seperti ini diatur dalam ISO 12812 terkait mobile payment ?

No comments: