Tuesday, January 17, 2012

Ucapkanlah apa yang kau ketahui dan ketahuilah apa yang kau ucapkan

Salah satu customer saya merupakan perusahaan asing yang kebetulan memiliki usaha eksplorasi gas di Papua kita sebut saja PT B. Mereka memiliki standar sangat tinggi di bidang keamanan kerja. Jika di customer lain, bobot presentasi selalu didominasi performansi, maka sebaliknya di PT B, presentasi bagaimana team menjalankan prinsip keamanan dan kesehatan dalam kerja (HSE) menghabiskan lebih dari setengah materi presentasi. Apalagi baru2 ini mereka mengalami salah satu musibah terbesar dalam dunia eksplorasi bumi.

Suatu hari saya dan team diminta memresentasikan performansi kerja dan implementasi HSE tiga bulan terakhir. Sebelumnya kami sudah melakukan simulasi untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik. Karena sesuai pengalaman, meski pekerjaan bagus jika tidak dipresentasikan dengan baik, maka tidak akan dapat memberikan kesan yang baik. Hal ini seperti memberikan kado bagus dengan bungkus jelek misalnya kertas koran.

Sesaat sebelum presentasi, mendadak salah satu PIC customer menitipkan satu slide tanpa sepengetahuan saya, dan meminta PM (project manager) sekaligus presenter  mengangkat issue tsb dalam forum. Sayang-nya team saya belum sempat bertanya maksud slide tsb dan berasumsi bahwa slide itu akan dibantu untuk dijelaskan oleh PIC ybs.  Ketika akhirnya presentasi baru mulai, Manager PT B (sebut saja T dan dikenal sebagai sosok berkarakter “angker”) yang memimpin jalan-nya forum dan  presentasi bertanya makna salah satu singkatan pada slide titipan, dan team saya tentu saja sama sekali tidak mampu menjawab-nya. PM melirik sang penitip, sambil memberikan isyarat memohon bantuan, tetapi begitu melihat gelagat tsb dengan suara keras dan tegas, T mengatakan bahwa dia hanya minta jawaban dari presenter dan tidak dari yang lain.

Lalu dengan suara lirih PM mengakui bahwa dia tidak tahu singkatan yang dimaksud, maka dengan murka, T berkata, “Saya berprinsip setiap orang harus tahu apa yang dia buat, jika tidak maka tidak usah mengatakan apapun tentang itu, dengan ini saya minta forum dihentikan, dan persiapkan diri anda lebih baik pada kesempatan berikutnya !” Dengan demikian maka sesi tersebut berakhir secara memalukan, dan ini menjadi pengalaman berharga bagi saya dan team.

No comments: