Tuesday, July 25, 2006

Menghargai Pemusik

Memang sih sulit2 gampang menunjukkan penghargaan pada pemusik di era digital, tapi meski demikian tetap ada jalan bagi seorang penggemar musik untuk menghargai idola-nya. Menurut saya ada tiga alternatif yang bisa ditempuh.

1. Bagi yang mampu silahkan beli yang asli-nya,  (atau bisa saja RBT-nya) kalau perlu lebih dari satu agar kalau yang satu rusak masih ada pengganti-nya.

2. Ada solusi murah kok, tapi gak berlaku untuk semua album, jika kita juga mencoba menghargai idola-nya silahkan beli kaset legal-nya dan dengerin mp3/cda bajakan-nya :-). karena mesti-nya legalitas tsb dinilai dari "musik"-nya dan bukan media-nya, so beli media termurah tp dengerin bajakan dengan kualitas tertinggi.

3. Bagi yang benar2 gak mampu, gak ada jalan lain kecuali koleksi dan dengar bajakan-nya, dengan catatan jangan ikut2an produksi bajakan-nya. karena jangankan beli, untuk makan sehari-hari pun mesti berhemat meski keinginan untuk menikmati musik tetap besar. saya rasa yang tipe begini juga gak bisa disalahkan, masak sih menikmati musik hanya bagi yang "mampu" (secara finansil) saja ? kalau pada kelompok ini meski seandainya pembajakan sudah tidak ada, saya yakin mereka tetap gak akan beli yang legal, karena memang anggaran-nya gak memungkinkan. kelompok ini juga dapat tetap memberikan kontribusi pada pemusik idolanya dengan mem"provokasi" lingkungan di sekitar-nya agar pemusik idola menjadi semakin terkenal, sykur2 kalau di promosikan ke member komunitas nomor 1 diatas, sehingga mereka tertarik untuk beli yang asli.

Dengan ketiga alternatif tadi mudah2an dapur-nya pemusik tetap ngebul, dan mereka makin bersemangat berkarya tanpa kuatir dengan kehidupan finansil mereka.
Sebaliknya saran buat produsen coba buatlah edisi pelajar, kalau perlu dengan cd (baca media) yang kualitas-nya lebih murah, tanpa cover dll yang bisa menekan harga, persis seperti kita zaman mahasiswa dulu sering beli "text book" yang edisi asia dengan kertas lebih tipis, tanpa hard cover dll.

Sekedar catatan, sedapat mungkin karya bangsa sendiri jangan sampai dibajak, toh harganya juga jauh lebih murah dari karya musisi asing.

No comments: