Tuesday, July 25, 2006

Proggers yang mencoba bisingnya metal

Saya cuma mau sharing sebagai penggemar musik progressive  yang juga senang metal, tidak semua musik metal tersebut enak, terutama yang nu-metal/alternative/grunge khususnya dari sudut proggers. Kenapa tidak semuanya enak ?, yah tentu saja karena seorang proggers terbiasa menikmati kompleksitas, selain itu proggers umum-nya menyukai porsi intrumen yang cukup besar. Jadi kalau band metal yang tidak memberi porsi instrumen bermain solo dan beat-nya dari awal hingga akhir selalu pukul rata, yah sudah pasti gak bisa masuk.

Lantas band metal apa sih yang bisa dinikmatin proggers, sekedar saran sih Metallica, dan Megadeth lah merupakan tonggak2 metal yang lebih pas utk dinikmati baru kemudian Anthrax, Annihilator dan Testament, Sepultura, Iced Earth atau yang lebih slow dan klasik dikit seperti Iron Maiden. btw Obituary, Kreator dan kawan kawan juga tidak direkomendasikan bagi proggers.., krn perbedaan track satu dengan yang lain tipis banget.., he he. Kenapa dengan Metallica dan Megadeth ?, kalau kita perhatikan, porsi solo banyak, perubahan beat hal yang cukup sering mereka lakukan, Metallica bahkan sering memasukkan intro akustik dalam lagu-nya, atau Megadeth era Marty Friedman, dikenal dengan solo2 indah-nya.

Kalau model yang lebih dekat ke grunge seperti Pearl jam, Goo Goo Dolls atau Nirvana jelas hampir gak mungkin dinikmati proggers krn terlalu sederhana juga Saigon Kick yang biasa2 saja dan terkesan seperti metal melayu, menurut saya lebih mungkin menikmati Audioslave krn sound-nya yang unik untuk masa kini, karena mencoba sound ala Led Zeppelin.

Bagaimana dengan musik rock seperti REM,  Coldplay atau U2 yang jelas2 semakin jauh dari metal , untuk yang ini, melihat dimana ngerock-nya saja susah apalagi metal-nya. Jadi lebih direkomendasikan bagi yang lebih suka menikmati syair.

Cara paling mudah menikmati musik metal bagi penggemar progressive, salah satunya adalah dengan melihat siapa influencer dari group2 tersebut. Sebut saja Dream Theater yang jelas2 penggemar Metallica. Atau pastikan bahwa ada pakar instrumen dalam group metal dimaksud, sehingga porsi instrumen tidak tenggelam dibawah dominasi vokal.

Bagaimana dengan System of A Down ?, sebenarnya beberapa lagunya sperti Chop Suey dari album Toxicity sangat jelas bergaya progressive, sayang-nya sangat sulit menemukan permainan instrumental dalam group ini, padahal seperti yang saya jelaskan diatas porsi instrumen yang lebih besar merupakan salah satu ciri progressive selain perubahan beat.

Regards
NP Symphony-X - The Divine Wings of Tragedy

No comments: