Tuesday, July 25, 2006

Ragam - Nerv

Review tentang nerv (salah satu band prog indonesia) setelah eksplorasi seminggu..


Gitar = ekspresif/variatif memilih sound
Keyboard = permainan ok
Drum = diatas rata-rata
Biola = improv umum, pemilihan nada ok
Bass = skill biasa tapi pemilihan dana bagus..
Kendang, kecapi dll = ok dan unik


Secara umum grup ini sangat kreatif, kompak, musiknya beragam dan kaya, pergantian beat ala progressif sangat mulus (relatif full sinkop),komposisi-nya matang dan pemilihan sound setiap lagu (khususnya gitar) layak dapat ancungan jempol.


Bagi yang suka Vanessa Mae, Mahavishnu Orchestra plus gaya ngerocknya si violin maut "Robbie Steinhard"(kansas) dijamin bakal suka. Prediksi saya album ini akan mampu menembus pasar internasional dengan sukses (semoga), akhir kata rekomendasi saya : sangat layak dimiliki.., thanks buat Kiki Caloh dan teman2 IPS, andasemua membuat saya bangga sebagai Bangsa Indonesia..


Track 1 : ragam (****) 9:12
didahului oleh jeritan seruling, dan akhirnya raungan ritem, musiknya meliuk liuk dan serasa menarik narik dan dinamis. secara umum mengingatkan gue akan "mo" dibantu vanessa mae.


Track 2 : pasir (*****) 6:15
didahului suara ombak dan kendang yang diikutin rintihan gitar yangmenghanyutkan dan akhirnya biola, yang semakin lama semakin intens dancepat. track ini juga masih seperti vanessa mae diiring gitar distorsi yang menderap-derap. ditengah lagu diiringi jeritan jeritan, btw lagu ini memang di-inspirasi tsunami di aceh. dan diakhiri dengan ritem ala kansas.
Track 3 : 1965 (***) 11:48
diawali dengan gaya musik keroncong, dan dilanjutkan dengan solo violin yang panjang dan spacey sound dibagian tengah lagu ala pink floyd dan suara distorsi gitar ala kereta api. keseluruhan mirip dengan mendengar sound track.., ditengah lagu ada pembacaan puisi dengan lantang.., tapi gak begitu jelas ngomong apa..selain kami ingin bebas dan semacamnya..
Track 4 : siapa aku (****) 6:36
ini track yang paling jazzy dari seluruh track
Track 5 : karuhun (***) 12:15
track magis ala sunda lengkap dengan pembacaan mantra dan batuk2, he he bener juga kata om krishna, khusus track yang ini masuk prog-sesat..,makin ketengah makin kenceng dan cepat beat-nya..
Track 6 : sekelumit problem (**) 6:04
sebenarnya ini track bagus, btw gue pribadi kurang suka dengan topik back-sound orang2 yang ngobrol, karena topiknya gak matching dengan judul..
Track 7 : saat terakhir (***) 3:05
kembali vanessa mae, tapi diiring kansas (kali ini bukan "mo")

No comments: