Tuesday, July 25, 2006

U2

Saya sering kali senyum2 sendiri melihat polemik "U2" di berbagai milis, mungkin sedikit cerita, saya pun dulu bingung apa sih hebatnya "U2", drum biasa saja, bass juga demikian, gitar nyaris tanpa melodi, vokal cuma jerit2 doang, btw lama2 karena penasaran kok banyak yang senang,akhirnya saya coba paksain diri untuk eksplorasi, ternyata (imho) kekuatan "U2" itu di syairnya, modelnya seperti syairnya "The Police" (tapi kalau The Police, drum Copeland dan bass-nya Sting memang ok punya, meski gitar Andy Sumner memang lebih ke ritem dan dan juga nyaris tanpa melodi) atau "REM". kekuatan syair U2, adalah kedekatannya dengan realitas, menyentuh politik, kemanusiaan, ras dll.

Jika masih terasa sulit untuk dinikmati, berikut beberapa track U2 favorit saya kini

All I Want is You
Angel of Harlem
Beautiful Day
Elevation
I Still Haven't Found What I'm Looking For
If God Will Sends His Angel
Kite
New Years Day
October
One
Peace On Earth
Pride (In The Name of Love)
Staring At The Sun
Stay (Faraway So Close)
Stuck In Moment You Can Get
Sunday Bloody Sunday
Sweetest Things
Wild Honey
With Or Without You

Semua track ini sudah saya test ke keluarga saya, dalam beberapa kali perjalanan ke luar kota, setelah beberapa kali spin, meski mulanya tidak suka kini mereka sudah bisa menyanyi bersama.





No comments: