Tuesday, July 25, 2006

Hair Metal

Menurut saya, gondrong tidak-lah sama dengan "hair metal", zaman-nya rock 70'an juga sudah pada gondrong tapi gak disebut "Hair Metal", tahun 90 an ketika "Grunge" merajalela juga banyak yang gondrong dan tidak disebut "Hair Metal" , jadi yang dimaksud dengan "Hair Metal" adalah gondrong salon ("big hair"), lisptik, kostum unisex, eye liner dll yang memang berjayanya sekitar 80'an.

Dalam konteks pembicaraan Lars Ulrich dan James Hetfield yang tidak ingin tampil secara "Hair Metal" menurut saya apa yang mereka kemukakan memang betul, karena akhir 80' an "Hair Metal" kehilangan pamor digeser trash (yang dimotori Metallica dengan album ke tiga mereka "Master of Puppets"). Meski akhirnya "Hair Metal" dan "Trash Metal" dua2nya digusur Grunge awal 90'an.

Catatan tambahan karena penampilan yang serba mencolok (warna warni) nama lain "hair metal" = "glam rock" yang diambil dari kata "glamour". Ada cerita menarik di era awal 80'an (tepatnya 1979) album Rainbow yang paling keras menurut saya ("Down to Earth") zaman ketika Graham Bonnet jadi vokalis, yang ajaib salah satu penampilan beliau sama sekali gak mirip rocker, justru eksekutif banget.. , rambut rapih dan pendek, kacamata,kemeja putih, dasi dan jas :-)

No comments: