Tuesday, July 25, 2006

Fastest Guitarist on Earth

Hemm siapa sebenanrnya gitaris tercepat di dunia musik, kalau untuk jazz, mungkin Al Dimeola yang tercepat, Alan Holdsworth sedikit dibawahnya, kalau utk rock mungkin Steve Morse, (meski tidak beda jauh dengan John Petrucci, yang dikenal juga sebagai fans berat Steve Morse). Bagaimana dengan Yngwie Malmsteen ? dia terdengar cepat itu bukan semata-mata petikan dengan tangan kanan, tp cara dia bermain dengan tangan kiri (istilah kerennya "hammer ons" dan "pull off"), kalau kita perhatikan video gitar yngwie terlihat bahwa kecepatan tangan kanan-nya biasa2 saja, tapi tangan kirinya cepat sekali. Begitu juga dengan Michael Romeo Symph-X, jelas permainannya sangat cepat dan mengimbangi Yngwie, akan tetapi untuk pemilihan melodi yang rancak kemampuannya masih dibawah Yngwie meski untuk Rhytm, sangat sulit mencari lawan yang sepadan baginya.

Jelasnya tidaklah mudah membandingkan siapa yang lebih cepat, kalau sekedar thrill di satu senar (dan satu fret, seperti yang saya lihat di youtube) meski cepat pasti kurang menarik membandingkan-nya, tapi kalau pindah senar sekaligus fret sambil terus memetik dan merangkai suatu melodi yang indah ceritanya akan lain lagi.

Kadang tidaklah penting kecepatan bermain, yang justru lebih penting adalah komposisi nada yang dihasilkan, btw apakah anda pernah dengar gitaris jazz dari spanyol yang bermain sangat lambat tapi dengan pilihan nada luar biasa, yang baru2 ini datang ke jakarta ? Gitaris cepat lainnya dan bermain bersih a.l. Steve Howe, Joe Satriani, Paul Gilbert, Tony Macalpine, Steve Vai dan Marty Friedman sedangkan meski cepat tapi main-nya rada jorok (senar lain sering ikut kena) Eddie Van Halen, Kirk Hammet dan Dave Mustaine. Salah satu gitaris dengan pihan nada luar biasa tak lain dan tak bukan adalah David Gilmour, dengan "Comfortable Numb" yang masuk 10 lagu dengan melodi terbaik sepanjang masa.

Jimi Hendrix jelas bukan gitaris cepat begitu juga Blackmore meski untuk masanya termasuk cepat seperti yang bisa kita dengar di solo "Child In Time",  tetapi untuk ukuran gitaris saat ini dia tidak masuk gitaris dengan permainan cepat.

So apa kesimpulan-nya ?, sebenarnya menurut pendapat saya tidaklah perlu membandingkan mana yang lebih cepat kecuali parameter-nya benar2 jelas, misalnya kecepatan apa yang dibandingkan, tapping-kah (kalau untuk ini gitaris indonesia Balawan termasuk yang luar biasa), petikan-kah, teknik sequence-kah, atau kah2 lainnya. Analoginya ibarat pelukis, apa yang lebih penting ? hasil lukisan-nya atau kecepatan dia dalam melukis ? kecuali dua2-nya bisa dicapai, meski sangat sulit..

NP Pagan's mind - "Coming Home"

4 comments:

Anonymous said...

Oke pak, mau tau yang cepat-cepat lainnya?

Husni I. Pohan said...

wah siapa tuh bro.., cepet dan bagus atau cuma cepet doang ? salah satu yang memenuhi kategori cepet dan bagus yang saya sukai michael romeo dari "Symphony X", kalau duet herman li di "Dragon Force", saya kurang suka meski juga sangat cepat.

Yuliardi Ramdhani said...

Wah... Gitaris juga ternyata abang yg satu ini hehehe
Salam kenal dari Yudi PiCA 0201 dan JTK 1998 Poltek ITB..
Saya juga gitaris, tapi lebih ke 7Strings gitar bang...

Masray said...

jalan2 di blog ini kurang lebih 20 menit lamanya. Nyari postingan diawal dibagian dan tahun 2006 ini Om blogger tua banget ^_^. Tapi masih eksis di tahun 2018.
Salut banget Om semangat ngeblognya ngga pudar.

Salam kenal dan diijinin yah komentar ku ini.
Semoga Sukses Selalu Om