Tuesday, July 25, 2006

My First Prog Night

Setelah beberapa prognite sebelumnya, baru kali ini saya lihat secara langsung prog-show di indonesia. btw saya satu orang teman kantor yang sedang dalam proses pe"ratjun"an prog. berikut ini sedikit komentar dari depan speaker kiri (disamping om andi julias, sebelum beliau dipanggil ke panggung depan).

Post Modern (****) menurut saya band ini menarik banget, lagunya panjang, skill pemain2nya diatas rata2 baik drum (yang sambil main keyboard juga), bass, perkusi(yang penampilannya kayak artis j-rock dengan baju india) dan gitar(kalem dan berteknik tinggi). btw materi yang dibawakan bagus cuma rada kurang kompak, kaenya kurang latihan bareng neh..catatan, proses peratjunan dimulai

Phantasma (**) ini seperti iron maiden main-in prog ala Camel, sound 2 gitarisnyabener2 plek suara 1 dan 2 dan saling menyahut, dengan vokalis malu2 yang tadinya malah sempat saya kirain penonton (sempat duduk di kiri depan saya). btw bagi saya prognya kurang berasa..., tapi vokalnya cukup ngeprog neh..catatan, proses peratjunan stagnan...

EOF (**) yang ini bener2 didominasi keyboard, sementara bass dan gitar sempat ada problem sound, sound gitar 90'an-nya rada monoton dan menurut saya gak nyambung dengan keseluruhan musik, ditambah lagi rumitnya musik mereka gak karu-karuan, sayang keyboardis sempat keteteran ketika harus solo dengan tangan kanan sementara tangan kiri harus jaga rhtym, sementara sound keyboard-nya ketika solo model "orgel" sempat terputus-putus..,band ini kaenya sibuk sendiri dan gak peduli penonton..catatan, saya sempat pesimis proses peratjunan teman gue gagal..

Zeke and The Popo (*****) nah ini baru new "Pink FLoyd", kirain player yang jongkok didepan keyboard nyaris sepanjang lagu adalah sound engineer yang lagi benerin efek ;-), gitaris yang satu lagi gak mau berhadapan dengan penonton (ada kesan malu2 yang kuat dari band satu ini). sementara saya sempat bingung menebak siapa yang bernyanyi di lagu pertama (kalau di ep lagu ini ditrack yang keempat cmiiw). btw alangkah indahnya kalau track #1 di ep mereka ditambah solo gitar psychedelic ala Gilmour...catatan, pada "ep" track ke empat kok ada jeda panjang banget (hampir 10menit), atau ini sebenarnya track ke lima. disini proses peratjunan berjalan mulus..

Anane (*****) ini baru top, gak salah kalau mereka ditempatkan di even puncak, bermain dengan santai, kompak, dan mengesankan mereka sudah berlatih bertahun2 sebelumnya. khusus drum, gitar dan seksi tiup bermain dengan sangat prima, sepertinya popularitas di dunia prog manca negara menyusul discus,sudah gak jadi hal yang aneh bagi mereka kelak. leader ship sang frontman, firman juga sangat membantu grup ini tetap pada jalurnya,kelihatannya bisa menjadi pesaing magma dengan kobaia-language nya, cuma disini Anane dengan Gayo-language nya he,he..catatan, saya paling suka slebar-slebor..(satu2nya lagu yang gak ada gayo-nya..), disini proses peratjunan rekan gue berlangsung dengan baik dan tuntas.., dia keratjunan berat dan puncaknya duit saya 50.000 yang sengaja saya keluarin untuk traktir dia nonton, dibalikin, "gak perlu traktir !" katanya.., "saya puasssss" katanya lagi

pulangnya gak bisa tidur langsung, masih merenung sambil baca prog magz sampai tamat, kelihatannya majalah ini perlu ditambahin informasi produk IPS(dijual dimana, berapa harganya, kemana kalau harus pesan dll). btw setelah selama ini cuma kenal di milis, tadi malam bisa tahu sosok Anto, Andi Julias, Reza dan teman2 milis lainnya.., meski baru 1 arah..

np anane - spin yang ke 4...

No comments: