Tuesday, January 15, 2013

Football is Coming Home - Muhammad "Mice" Misrad

Sempat sedih dengan "perceraian" Benny dan Mice, kini justru saya gembira melihat produktifitas mereka. Menyusul karya Benny, tak lama berselang Mice merilis FiCH. Berbeda dengan Benny yang ceritanya lebih kuat, Mice lebih merupakan kumpulan fragmen masa lalu dilengkapi kumpulan istilah bola dan ilustrasinya.

Meski karya Mice secara skenario lebih lemah dibanding Benny, namun kocak-nya masih berimbang. Uniknya buku Mice terkesan dua buah buku yang digabung dengan masing2 memiliki cover sendiri2. Mengingatkan saya akan buku Andrea Hirata. Sedang kualitas dan teknik ilustrasi nyaris berimbang, kecuali Benny memiliki keunggulan untuk penggambaran "lapangan" seperti yang ditunjukkan Benny saat menggambar Lawang Sewu di edisi kedua "Tiga Manula".



FiCH ini gaya berceritanya sedikit mirip Kampung Boy-nya Lat, bahkan pada halaman yang menceritakan anak2 main bola di pasir lalu berenang di pantai, nyaris seperti gaya ilustrasi Lat.
Salah satu bagian paling menarik adalah saat Mice ketiduran dan dilanjut dengan kutipan salah satu ustadz paling top di TV saat ini dengan ciri khas agak "melambai" tentang bedanya menutup dan membungkus. 

Bagian kedua alias Kamus Istilah Komentator Bola, membahas 52 buah berbagai istilah sepak bola seperti transfer pemain, belanja pemain, pemain yang sedang bersinar, penyerang subur, bola muntah, menggoreng bola, stadion angker, tackling keras, dll. Namun jangan berharap ilustrasi Mice memperjelas, justru sebaliknya menjadi semakin "kacau" alias kocak.

2 comments:

borescope said...

football memang harus banyak perubahan

AdminOke said...

Good article writer for you. Thanks for another wonderful post