Wednesday, December 07, 2011

Solusi vs Kambing Hitam

Ada banyak cara orang untuk memimpin, akan tetapi ciri khas seorang pemimpin yang hebat adalah berani mengambil putusan (meski tidak populer), kreatif (menyempurnakan mekanisme kerja) dan inovatif (mampu berpikir secara “out of the box”), tegas, dan mampu memotivasi serta menjadi contoh bagi team-nya.
Sepanjang karir, kerap saya menemukan pimpinan dengan karakter yang berbeda, memang tidak ada yang sempurna sebagai pemimpin, meski demikian selalu ada hal2 menarik yang dapat kita pelajari dari setiap pimpinan, lalu belajar darinya serta dikombinasikan dengan hal2 terbaik dari pimpinan yang lain dan menjadikannya sebagai style kepemimpinan kita sendiri.
Salah satu atasan saya ketika masih bekerja di salah satu pusat komputer di perguruan tinggi di Bandung, pernah menghadiri rapat yang diadakan karena telah terjadi sesuatu yang fatal dalam operasional organisasi kami. Saya ingat saat itu bagaimana kami saling menyalahkan antar departemen dalam satu ruangan sehingga suasana semakin panas. Ketika suasana semakin tidak terkendali lalu beliau berkata “Maaf jika forum ini digunakan mencari siapa kambing hitam-nya, maka saya tegaskan bahwa forum ini sudah selesai karena sayalah kambing hitam-nya, tetapi jika forum ini gunanya untuk mencari solusi dari apa yang sudah terjadi, maka ayo kita sama2 hadapi masalah ini, cari solusinya dan pastikan hal ini tidak terjadi lagi kedepan”.

No comments: