Monday, October 08, 2012

Bone - Jeff Smith

Berhenti di jilid ke enam dan sudah tidak menemukan buku Bone dimana mana menyebabkan saya sudah sempat kehilangan minat. Namun pada tumpukan buku discount Gramedia, saya menemukan Rose, cerita yang mengawali Bone serta Bone ke tujuh. Lalu kedua buku ini saya santap dengan bersemangat.

Namun karena tidak lengkap  yang ada hanya penasaran, dan meski sudah mencari jilid 8 dan 9 sekaligus penutup, tetap tidak dapat saya temukan. Saya lalu mulai mencari di internet dengan keyword penerbit. Lalu saya masukkan ke shopping cart dan dibayar dengan transfer langsung. Dan hari ini mendadak mbak resepsionis kantor konfirmasi bahwa Bone serial pamungkas sudah sampai.



Akhirnya komplit sudah pencarian bahkan masih  ditambah dengan Bone Spesial alias sejarah terciptanya Boneville. Kembali ke komik, saya cukup kaget di jilid 8 muncul tentara berkerudung dengan simbol eye of horus di jidat-nya serta simbol ourobross dalam cerita naga saat dirasuki raja belalang , hemm apakah komik ini punya misi, sepertinya masih perlu pembuktian. 

Apa itu komik Bone ? bagi saya merupakan kombinasi ala Lord of The Ring nya Tolkien lengkap dengan hobbit-nya yang diwakili oleh spesies Bone, lantas karakter ala donal bebek yang diwakili phoney, smiley dkk plus kerakusan ala gober bebeknya sekalian. Jilid 9 dalam hal ini benar2 menuntaskan rasa penasaran kita mengenai semua teki teki yang dibangun sejak awal sekaligus pengorbanan Lucius dan tewasnya Briar. Ilustrasi Jeff Smith yang cerdas dalam rentetan adegan tanpa teks seperti ketika Thorn diserahkan dalam pengawasan naga menjadi salah satu "master piece"-nya. Buku Rose sangat membantu mengaitkan kejadian di masa lalu, saat ini dan masa depan. 

Namun meski ada karakter Bone yang divisualisasikan secara kartun, saya berpendapat komik ini tidak tepat bagi anak2. Khususnya adegan penebasan penguasa Atheia oleh Briar didepan para prajuritnya. 

Akhir kata tidak sia sia rasanya proyek Jeff Smith ini dijalankan, bukan cuma karena meraih pujian dari berbagai media dan tokoh2 bergengsi dalam dunia komik, namun juga karena meraih Eisner Award.  9 komik Bone, 1 komik Rose, kolaborasi Smith dengan Charles Vess, benar2 koleksi yang layak bagi penggemar komik. Khusus komik Bone spesial yang merupakan kolaborasi Smith, Sniegoski dan Sakai tidak saya rekomendasikan, karena lemah secara skenario.

No comments: