Wednesday, October 03, 2012

Yes You Can - Ollie

Buku ini sebenarnya saya belikan buat si sulung, anehnya malah si bungsu yang menamatkan duluan, dan berkomentar kalau buku ini asyik banget. Gemas dengan kelakuan si sulung, saya putuskan untuk "melahap" buku ini duluan. Meski bagi sebagian orang terasa aneh kalau seusia saya membaca buku seperti ini, bagi saya ilmu bisa datang dari mana saja.

Artistik-nya mengingatkan saya akan buku BTDTGTTS yang sebelumnya pernah saya baca. Bedanya kalau BTDTGTTS gambarnya merupakan bagian dari cerita, sedangkan pada YYC gambar terkesan sebagai pelengkap saja.  Sebagian besar halaman berwarna, meski didominasi merah kecoklatan dan hijau, sehingga terkesan "ceria". 



Ditulis dengan gaya ringan dan lebih mirip kumpulan tulisan blog tanpa benang merah khususnya di bagian2 akhir, buku ini memang menarik dibaca.Namun karena topiknya yang sangat beragam cukup sulit untuk membuat review buku ini. Jadi saya akan lebih fokus pada bab2 tertentu yang bagi saya menarik. 
Bab menarik pertama adalah dasar dari semua pekerjaan besar, plan, schedule dan execute, Terlalu banyak plan maka tidak akan terjadi, langsung execute tanpa plan akan berantakan. Dengan mengkombinasikan ketiganya dalam porsi wajar akan membuat pekerjaan berhasil. Hal diatas terungkap ketika seseorang bertanya bagaimana mungkin Ollie dengan usia yang masih sangat muda menulis 20 buku. 
Bab lain-nya adalah mengenai pentingnya menyusun prioritas. Tanpa prioritas maka kita akan makin jauh dari impian kita, dan memang faktanya banyak sekali hal2 di dunia yang berpotensi menghambat kita jika tidak pintar2 memilah. Hal ini mengingatkan saya akan teori 10-10-10 Suzy Welch yang sebelumnya saya baca. 
Bab lain adalah saat Ollie menggunakan kereta, dan menyadari orang di kiri dan kanan-nya berganti terus, demikian juga kita, masing2 memiliki tujuan-nya sendiri sendiri. Dan lalu kereta berhenti begitu saja, padahal belum sampai di tujuan, namun daripada mengeluh, Ollie memilih untuk bertanya dan melanjutkan perjalanan dengan kereta lain. Hemm bagi saya cara Ollie menarik kesimpulan meski dari hal sederhana memberikan makna hidup yang sangat menarik.

Tentu jadi tidak seru kalau semua bab saya bahas dalam review ini, dan saya memilih untuk merekomendasikan buku ini bagi kebanyakan orang yang ragu untuk menentukan jalan mana yang harus ditempuh. Ollie yang senang berbagi dengan gaya cuek sekaligus percaya diri dan tidak pernah mau menunda mimpinya memberi inspirasi bagi kita semua.

No comments: